Basic KnowledgeDarahkubiru Style

5 Outerwear Ikonik dari Waktu ke Waktu

Artikel ini dipersembahkan oleh

Outerwear memang sudah menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari dan kadang kita lupa ternyata outerwear yang sekarang kita pakai ini memiliki sejarah dan fakta unik di baliknya. Obsesi kita dengan outerwear memang kadang  tidak terpuaskan, terbukti dari banyaknya outerwear yang muncul dan masih dipakai sampai saat ini yang sebenarnya berasal dari pakaian masa lalu. 

Di artikel kali ini kita akan berbagi beberapa fakta tentang jenis-jenis outerwear yang tidak lekang dimakan jaman dan menjadi bagian dari gaya ikonik. Mari kita simak beberapa outerwear ikonik yang bisa kita temukan sehari-hari lengkap dengan perkembangannya dari waktu ke waktu.

Trucker Jacket

Jaket ini pertama kali dipopulerkan oleh salah satu brand jeans ternama yaitu Levi’s. Pada awalnya jaket ini diciptakan di sekitar tahun 50an. Seperti pada beberapa produk denim lainnya, trucker jacket dipakai sebagai pakaian para pekerja tambang dan juga para koboi pada jaman tersebut. Hingag saat ini  kita bisa menghubungkan trucker jacket dengan gaya koboi. Pada jaman sekarang, varian trucker jacket sudah sangat banyak dan menjadi salah satu staple item yang dibuat oleh designer maupun fashion house ternama, lengkap dengan inovasi penggunaan bahan dan juga cutting dan design yg progresif.

M65 Jacket

M-65 awalnya dibuat untuk dipakai tentara Amerika dalam konflik Vietnam yang terjadi di tahun 60an. Dengan bahan yang tahan lama dan tahan angin serta lapisan dalam yang dapat dilepas, jaket ini dibuat untuk tahan terhadap iklim ekstrim di negara Asia. Jaket ini juga menampilkan tudung yang bisa digulung ke dalam kerah, kancing snap logam dan empat kantong depan yang cukup fungsional. Salah satu ikon jaket ini adalah Robert de Niro di film Taxi Driver yang memperkenalkan jaket ini sehingga saat ini M65 sudah menjadi salah satu staple jacket bahkan bagi fashion house besar sekalipun.

Varsity Jacket

Varsity jacket adalah jaket yang merepresentasikan identitas sebuah universitas. Jaket ini biasanya terbuat dari wool di bagian badan dan kulit di bagian lengan. Terdapat juga patch letter di bagian dada kiri untuk menunjukkan asal sekolah yang direpresentasikan oleh jaket tersebut. Itu kenapa jaket ini dinamakan letterman jacket dan varsity jacket. Jaket ini juga biasa disebut baseball jacket karena tim baseball Harvard University mempopulerkan jaket ini.

Moto Jacket

Jaket kulit yang dikenakan pemotor sekarang ini memiliki sejarah panjang. Jaket kulit Perfecto diketahui sebagai jaket kulit pertama untuk biker. Perfecto dibuat oleh perusahaan Schott NYC pada 1928. Irving Schott, salah satu pencipta di balik Perfecto, biasa membuat jas hujan dan senang mengendarai sepeda motor. Untuk desain jaket kulit legendaris ini, Schott menggabungkan risleting diagonal dengan jaket kulit ketat agar lebih efektif menahan angin ketika di atas motor. Ide di balik pembuatan jaket kulit ini adalah memberikan para biker sebuah jaket yang modis, mudah dikenakan, dan bisa meningkatkan keamanan ketika berkendara. Marlon Brando adalah ikon yang mempopulerkan trend jaket ini pada tahun 50an.

Technical Jacket

Sesuai dengan perkembangan teknologi, di masa sekarang ini banyak bermunculan outerwear yang lebih mengutamakan performance dan menggunakan teknologi terkini. Sebut saja outerwear yang digunakan untuk kegiatan climbing, hiking dan juga mountaineering yang memerlukan teknologi maju untuk mendukung aktivitas tersebut, sehingga memberikan kenyamanan dan juga keamanan bagi pemakainya. Technical jacket juga biasa dipakai di beberapa outerwear untuk olahraga seperti ski, snowboard dan juga cross country running. Selain karena kebutuhan fungsional, technical jacket saat ini juga mendorong munculnya gaya baru yaitu techwear, yang terinspirasi dari aestetik technical jacket yang ada serta karya-karya science fiction seperti Blade Runner dan Ghost In The Shell.

Banyak juga ya ternyata tipe-tipe outerwear ikonik dari masa ke masa. Mau tahu lebih lanjut soal outerwear dan detail-detail lain yang bisa jadi inspirasi gaya kamu? Stay tuned terus di seri darahkubiru style kali ini.

Related posts
Basic KnowledgeDarahkubiru Style

Tips Styling Kemeja Yang Keren

Artikel ini dipersembahkan oleh Pake kemeja memang sudah jadi hal biasa bagi kita, apalagi kita yang memang memperhatikan gaya dalam beraktivitas sehari-hari….
Brand RecommendationDarahkubiru Style

Jenis Kemeja Yang Harus Dimiliki di Lemari Pakaian Kamu

Artikel ini dipersembahkan oleh Kemeja selain cocok menjadi teman aktivitas kita setiap hari, tentunya juga memiliki  fungsi yang berbeda-beda juga. Misalnya kemeja…
Basic KnowledgeDarahkubiru Style

Hal Yang Perlu Diperhatikan Ketika Memilih Kemeja

Artikel ini dipersembahkan oleh Siapa coba yang tidak punya kemeja di lemari pakaiannya? Kita juga pasti punya setidaknya satu kemeja di lemarinya….