FeaturedHonest ReviewsNews

Honest Review: Handwerker Company Aiko Medicine Bag

8.5

Apakah kalian adalah salah satu orang yang suka memakai aksesoris? Aksesoris apa aja yang sering kalian pakai? Dari berabagai macam fungsi aksesoris, pada akhirnya kita akan memilih yang paling fungsional bukan?

Honest review kali ini akan membahas salah satu produk buatan teman-teman kita dari Surabaya bertudung Handwerker Company yang sudah aktif sejak 2016. Menelisik dari laman instagram mereka, Handwerker Company berfokus pada segala sesuatu yang berhubungan dengan aksesoris kulit, mulai dari dompet, ikat pinggang, tas, gantungan korek api, sampai jasa resole sepatu (yang terakhir ini menarik!).

Dari banyaknya aksesoris yang mereka produksi, salah satu yang dikirimkan ke kami adalah Aiko Medicine Bag. Sesuai judul, kami akan menelaah produk ini lebih dalam secara jujur dalam kapasitas kami sebagai penyuka aksesoris kulit. Yuk, langsung kita simak reviewnya.

Pengalaman Unboxing

Tas ini datang dengan packing hard board yang menjaga tas ini sampai ke rumahmu dengan selamat. Terdapat branding sticker di bagian atas dengan logo lebah yang lucu. Saat dibuka, kita disambut oleh kertas doorslag dengan beberapa paperworks dan stiker.

Ternyata, dalam paket ini ada hadiah tambahan berupa 1 set kalung bulu dari kulit vegetable tanned dengan stopper manik-manik berwarna merah dan hitam. Kalung ini cukup detail pengerjaannya yang terlihat dari guratan-guratan bulu dan aksen tumpang tindih, membuat kalung ini terlihat efek 3D-nya. Kalung ini akan menjadi gelap seiring pemakaian.

“Sajian Utama”

Impresi kami saat melihat tas ini pertama kali adalah meraba tas ini pertama kali adalah handfeel yang cukup lembut. Ini wajar mengingat tas ini terbuat dari kulit crazy horse 1 mm yang dibalik (bagian flesh di luar). Bagi kalian yang tidak tau apa itu kulit crazy horse, ini adalah kulit full grain yang disamak menggunakan metode chrome tanning (walaupun tidak semuanya) dan disusupi banyak kandungan minyak. Minyak ini membuat kulit crazy horse cukup lembut dipegang dan tidak membutuhkan banyak perawatan. Fakta lain, kulit ini dinamai crazy horse karena populer dipakai sebagai saddle (tempat duduk) berkuda.

Sepertinya kami tidak harus menjelaskan focus point pada bagian depan tas ini. Kalian bisa melihat conchos dari sterling silver dengan batu turquoise di tengahnya. Kancing ini membuat kesan vintage dan tradisional, secara tas ini pada mulanya digunakan oleh suku Indian di Amerika. Tas ini harus ditutup dengan memutar tali kulit dari bagian bawah. Cukup ribet memang, tapi itu terbayar dengan model tas yang keren kan?

Pada bagian belakang, terdapat jahitan tangan untuk menyambungkan bagian badan dan tutup. Benang yang digunakan cukup tebal. Ke bagian dalam, Bagian depan dan belakang juga disambung menggunakan benang yang sama dengan teknik jahit tangan. Menariknya, Handwerker Company menggunakan teknik lipat sehingga overall look di bagian luar terlihat clean tanpa benang yang terlihat. Lagi-lagi, craftmanship bermain di sini. Dengan teknik jahit tersebut, tas harus dibalik inside out saat dijahit kemudian dibalik saat selesai.

Ada yang menarik dari tas ini, yaitu pengaturannya yang cukup beragam. Pertama, tas ini bisa dipakai di bahu atau pinggang seperti aslinya. Caranya dengan mengatur simpul yang ada di bagian samping. Kedua, conchos pada tas ini menggunakan mekanisme baut. Jadi, kalian bisa mengganti conchos standarnya dengan conchos pilihan kalian sendiri. Ketiga, tali pengikatnya bisa diganti dengan mudah karena dikaitkan menggunakan teknik simpul di bagian dalam.

Tas ini cukup untuk membawa barang-barang esensial seperti handphone, dompet, dan power bank. Tidak begitu banyak memang, mengingat dimensinya yang tidak begitu besar, hanya 9,1 x 6,8 cm (ukuran small).

Fit Pic

Tas ini cocok banget buat jadi tandem jaket denim kalian. Bentuknya yang tidak terlalu besar membuat tas ini punya kesan simpel. Aksen yang tidak begitu ramai juga gak bikin tas ini kelihatan norak. Gimana menurut kalian?

Tas ini tersedia dalam 3 pilihan warna (cokelat, navy, dan natural) dan 2 pilihan ukuran (small dan medium). Warna cokelart dan navy menggunakan kulit crazy horse, sedangkan warna natural menggunakan kulit vegetable tanned. Kalian bisa mendapatkan tas ini dengan hara Rp750.000,00 untuk ukuran small dan Rp800.000,00 untuk ukuran medium. Untuk info lebih detail, silakan kunjungi halaman Tokopedia dan Shopee mereka atau Whatsapp untuk konsultasi lebih lanjut.

8.5

Overall score

Pros

  • +Terasa tradisional dan tidak norak
  • +Desain apik
  • +Menggunakan kulit berkualitas
  • +Craftmanship rapi

Cons

  • -Ukuran mungkin terlalu kecil untuk sebagian orang
  • -Mekanisme tutup kurang praktis
28 posts

About author
Mimin #9
Articles
Related posts
Local BrandStyle

Q3-2021/The Fall Collection dari Placyf

Di tengah kondisi pandemi yang masih tidak menentu, Placyf mengeluarkan koleksi Q3-2021 / The Fall collection. Koleksi ini merupakan rangkaian ketiga dari…
Local BrandStyle

"Harimau Putih" Vintage Jacket : Edisi Desain Terbatas dari Harimau Supply

“Harimau Putih” menjadi ikon yang langka bagi Harimau Supply. Edisi tersebut selalu dirilis dalam jumlah yang terbatas. Kini rilisan itu hadir dalam…
Brand RecommendationDenim RelatedHonest Reviews

Honest Review: Adelaide Denim 17oz Indigo x Purple (IDxPR)

Lama rasanya sejak terakhir kali bikin honest review sebuah brand denim. Banyak sekali faktornya, dari masa pandemi yang tak kunjung usai, berpulangnya…