FeaturedHonest Reviews

Honest Review – Samurai S5000VX for Darahkubiru X Denimio #TheGreatDenimBattle

9.5

First impressions will tell you about certain thing instinctively.

Setidaknya itu yang saya percayai, dan saya rasakan ketika amunisi untuk The Great Denim Battle dari Denimio x Darahkubiru ini sampai ke tangan. Ekspektasi saya yang cukup tinggi terhadap jeans dari Jepang, hari itu terbayar lunas dan terbukti.

Overview
Begitu membuka packaging, langsung saya fokus menuju jeans yang saya idamkan sejak lama. Handfeel terasa paling rough, tidak seragam seperti kebanyakan jeans yang saya miliki. Secara visual, denimnya sangat terlihat berbeda dari ukuran slub yang besar dan irregular. Apalagi dengan warna indigo yang begitu gelap, tetapi masih bisa memberikan glance warna biru cerah yang membuat saya semakin jatuh hati.

Selain itu terdapat pula flasher, tag, dan stiker khusus dari Denimio x Darahkubiru.

Bagian Belakang
Detail yang paling menarik biasanya ada di bagian belakang sebuah jeans. Sama halnya dengan Samurai S5000VX ini. Saya masih menjadi penggemar berat dari desain arcuate stitching pada saku belakang Samurai yang simetris di kedua belah sisi. Red tab yang masih ada sebelum setelahnya akan diganti tentu menjadi nilai plus. Leather patch yang tipis dengan desain khas, lengkap dengan Lot number juga ukuran Waist dan Leg menunjukkan keseriusan Samurai dalam menggarap jeans ini.

Bagian Depan
Sudah jelas untuk brand sekelas Samurai, semua hardware yang digunakan terutama rivets dan button dibuat sesuai dengan brand identity yang diusung. Peek-a-boo coin pocket menambah kesan playful pada jeans ini tanpa mengabaikan fungsinya. Sekilas saya melihat selvedge line dengan warna spesial: perpaduan merah dan silver yang gemerlapan!

Bagian Dalam

Bahkan di bagian dalam, finishing jeans ini sangat rapi. Saya bahkan tidak menjumpai excess benang jahitan sedikit pun. Terlebih lagi untuk urusan detail yang tidak kalah dengan bagian luar. Beberapa tag seperti model jeans dan size, pokcet lining fabric yang didesain khusus dengan ketebalan yang pas, Selvedge line yang (benar saja) berwarna merah dan silver kembali menegaskan jeans ini sebagai sebuah jeans dibuat dengan serius, sehingga akan terasa sangat spesial bagi siapa pun yang memilikinya.

Fit Pictures

Dengan ukuran inseam yang pada umumnya, 36 inches, secara umum sudah pasti akan terlalu panjang bagi kebanyakan orang Indonesia. Namun setelah proses initial soak dengan air panas selama hampir satu jam, panjang inseam cukup menyusut sekitar 1-2 inches sehingga saya pun hanya membutuhkan faux-cuff demi mendapatkan panjang yang ideal.

Di bagian top block, terasa agak snug karena ukuran back rise yang sangat pas. Namun seiring pemakaian dan pencucian, pasti jeans ini akan semakin menyesuaikan dan berkurang tingkat kekakuannya.

Untuk siluet fitnya sendiri, karena mungkin kandungan starch yang masih kaya dalam jeans ini, kurang terlihat straight silhoutte-nya seperti ekspektasi saya. Walaupun begitu, setelah saya melihat hasil foto di atas, saya pun sangat menyukai fit jeans ini pada kaki saya.

Simpulan dan Penutup

Jeans ini merupakan bukti konkret dari kesempurnaan produk yang dibuat oleh Samurai.

Tak lupa saya ucapkan terima kasih dan apresiasi sebesar-besarnya untuk tim Denimio, karena di tengah situasi pandemi dan kesulitan pengiriman logistik hari ini, dalam waktu kurang dari satu bulan jeans ini dapat sampai ke setiap peserta denim battle.

Samurai S5000VX

9.5
Jeans ini sangat menggambarkan kesempurnaan produk yang berasal dari brand Jepang, Samurai.
9.5

Overall

Pros

  • +Tekstur fabric/denim
  • +Irregular slub
  • +Selvedge line
  • +Indigo deep color
  • +"Kesan selesai" pada jeans yang sempurna

Cons

  • -Ukuran back rise yang agak kurang panjang
29 posts

About author
Mas-mas IT yang suka vintage workwear, menswear, leather shoes/boots, dan vintage watches.
Articles
Related posts
8.7
Denim RelatedFeaturedHonest Reviews

Honest Review: Burgus Plus 955-XX for Darahkubiru X Denimio #TheGreatDenimBattle

Prolog Sejak berdiri pada 1997, Burgus Plus secara konsisten menghadirkan rangkaian produk denim yang berkualitas. Sebut saja model 995 dan 770 yang…
Denim RelatedHonest Reviews

Honest Review: ONI Denim 585XX for Darahkubiru X Denimio #TheGreatDenimBattle

ONI Denim. Dari namanya saja udah terdengar seram. Bukan seram karena kayak nama pemeran tuyul di serial TV Tuyul dan Mbak Yul…
Denim RelatedFeaturedHonest Reviews

Honest Review - TCB 50s Jeans for Darahkubiru x Denimio #TheGreatDenimBattle

Jeans ini membuka pikiran saya bahwa tidak semua jeans dengan harga terjangkau (dibanding mayoritas jeans Jepang lainnya) punya kualitas kurang baik. Saya…

Leave a Reply

Your email address will not be published.