Honest ReviewsLocal BrandStyle

Honest Review : ORBITGear R103 ADV-VX-VB

Mimin #13 kali ini kebagian untuk me-review backpack dari ORBITGear yang ber-kode : R103 ADV-VX-VB; kode ADV artinya advanced model (produk dengan material yang ber-sumber dari supplier terkemuka seperti XPAC, Cordura, FIDLOCK, COBRA, dst), kode VB artinya hardware quick release -nya : FIDLOCK V-Buckle (varian satu lagi CB = Cobra Buckle).

Backpack dengan nickname “JAVELIN” ini mimin coba gunakan beberapa minggu belakangan untuk kegiatan sehari-hari. Langsung saja kita simak review-nya!


LOOKS & FIT

Tas serba hitam ini ternyata cukup compact. Tinggi mimin sekitar 170cm dan dapat dilihat dari tampak samping tas ini ketika digunakan looks-nya tidak sepanjang kelihatannya. Saat digunakan tas ini berasa duduk cukup ‘tinggi’ di punggung. Busa padding yang tebal (sekitar 1cm) pada strap utama membuat fit tas tetap snug saat dipakai bergerak. Terdapat pula removable MAGnetic sternum strap untuk menjaga strap utama tetap pada posisinya.

Namun padding yang tebal tersebut terasa ’sesak’ di awal-awal pemakaian. Terutama ketika bagian laptop sleeve terisi. Posisi padding di area punggung dan strap jadi agak menekan badan.

PADDING AGAK ‘SESAK’ DI AWAL PEMAKAIAN

FABRICS & HARDWARE

Dari deretan fabric & hardware yang dipilih dapat disimpulkan bahwa tas ini dapat digunakan di segala jenis cuaca (di Indonesia). Body luar tas menggunakan XPAC Sailcloth yang ringan namun tetap memberikan struktur dan ketahanan pada tas (dan jelas, waterproof). Lalu lining 210D PA liner pada kantong luar & TPE tarp liner pada kantong utama untuk menjamin isi dalam tas kalian terhindar dari rembesan air.

 

Kembali ke bagian body luar, FIDLOCK V-Buckle digunakan untuk mengunci bagian rolltop. Cukup cepat proses buka tutupnya, namun bagi yang belum terbiasa menggunakan hardware magnetic seperti ini  mungkin agak bingung cara buka tutupnya di awal.

Lanjut ke bagian bawah tas yang terbuat dari kulit. Beberapa pemakai mungkin merasa ‘sayang’ ketika menggunakan tas ini sebagai daily beater karena bagian kulitnya ini. Namun menurut mimin justru kulit itu akan muncul karakternya ketika kita pakai tanpa dipikirkan. Hajar saja!


FEATURE & COMPARTMENT

R103 menggunakan sistem gulung / rolltop untuk mengakses compartment utamanya. Kelebihan dari sistem ini adalah ruang menyimpan barang bisa diperluas. Namun kekurangannya ada di proses menggulung dan mengunci yang memakan waktu. 

Tapi tenang, pihak ORBITGEAR membuat fitur ‘Clamshell Back-Panel Opening’; dimana kalian bisa mengakses compartment utama melalui bagian punggung tas. Kalau mimin sih lebih sering menggunakan ini dibanding buka tutup si rolltop ya. Oh iya jika kalian tidak ingin menggunakan velcro yang ada di ujung rolltop, ORBITGEAR memberikan strap khusus untuk menutup si velcro. Jadi kalian cukup menggulung dan mengunci saja, tidak perlu membuka rekatan velcro.

Strap tambahan untuk menutup velcro

Kantong di bagian luarnya sendiri ada 2. Kantong atas bisa membawa dokumen ukuran A4, dan kantong bawah yang lebih kecil. Terdapat pula slot kantong untuk botol air yang dilengkapi dengan rubber band. Dan juga kantong tersembunyi di bagian belakang.

Kita lanjut ke compartment utama,

Barang-barang yang mimin bawa sehari-hari lebih banyak dimasukan ke dalam pouch lagi agar terpisah dengan jelas. Ketika dimasukan ke compartment utama pun jadi lebih rapih. Laptop sleeve-nya sendiri muat untuk Macbook Pro 15”. Dan bagi kalian yang suka membawa extra gadget, terdapat sleeve tambahan yang muat iPad Pro 11”. Untuk kegiatan harian, jelas muatannya lebih dari cukup.

Menurut mimin, tas ini juga masih dapat digunakan untuk travelling jangka pendek (1-2 hari).


STYLING

Desain-nya yang compact, muted dan cukup ‘stealth’ membuat tas ini cocok digunakan untuk kalian yang mementingkan fungsi namun tidak ingin menjadi pusat perhatian. Tidak perlu outfit yang terlalu ‘techwear’ untuk menggunakan backpack berikut. Kalian bisa tampil ‘smart’ dengan outer military dipadukan dengan celana slim-fit dan sneakers, atau ‘outdoor-ish’ dengan outer hitam plus celana pendek dan sepatu trainers.


PERFORMANCE

R103 ADV-VX-VB ini lebih dari cukup untuk digunakan sebagai tas sehari-hari. Size compact namun tempat menyimpan bawaan berlimpah. Juga banyak titik yang bisa di-adjust sesuai postur pemakai. Deretan fabric serta hardware yang digunakan pun tidak main-main. Harga RP 1,998,000 yang disematkan jadi terasa wajar. 


SPECS :

Components :

XPAC Sailcloth Fabric/ TPE Tarp Liner / 210D PA liner / Genuine Leather / Magnetic Buckle or COBRA Buckle / SP Quick Release / YKK Weatherproof Zipper System / PES Webbing / 6.6 PA Bonded Thread

Features :
Removable Leather Handle Cover / Rolltop Closure / Floating Liner / Floating & Dedicated Laptop and Tablet Sleeve that offer Maximum Protection / Clamshell Back-Panel Opening for Easier Packing / Secure-Zip Pocket / Waist-Belt Sleeve Attachment / Luggage Sleeve / Weatherproof / Computerized Bartack Construction / Handmade

Compartments & Accessibility :

5 Pockets [ External ] / 6 Pockets [ Internal incl. Main Compartment ] / 1 Clamshell Backpanel Access to the Main Compartments / 15″ Macbook Pro Sleeve / 11″ iPad Pro Sleeve

Include :
20mm MAGnetic Sternum Stabilizer

Fit & Volume :
Yost is 170/70kg
22-24 L Volume [ Expandable with MODs System ]
Refer to the Last Image for Measurements

ORBITGear R103 ADV-VX-VB

R103 ADV-VX-VB ini lebih dari cukup untuk digunakan sebagai tas sehari-hari. Size compact namun tempat menyimpan bawaan berlimpah. Juga banyak titik yang bisa di-adjust sesuai postur pemakai. Deretan fabric serta hardware yang digunakan pun tidak main-main. Harga RP 1,998,000 yang disematkan jadi terasa wajar.

Pros

  • +Harga berbanding lurus dengan spec yang ditawarkan
  • +Compact dan terlihat tidak mencolok

Cons

  • -Padding agak terasa terlalu menekan
ORBITGear webstore
Related posts
Local BrandStyle

Neats Lab Mengaplikasikan Teknik Tie-dye Pada Rilisan Terbatas Bjorn Low

Neats Lab mencoba ber-eksperimen dengan teknik tie-dye untuk artikel terbarunya; Bjorn Low. Teknik tersebut diimplementasikan pada upper 9oz lightweight & durable canvas…
Denim RelatedLocal BrandStyle

Opening Store : The Oldblue General Store & Outpost

Pada tanggal 6 Mei 2021 kemarin, Oldblue Co. baru saja membuka offline store yang bernama The Oldblue General Store & Outpost. Berlokasi…
Local BrandStyle

Staple Collection : Knit Series oleh Contentment

Koleksi yang diberi tajuk Staple Collection : Knit Series dari Contentment kali ini sesuai namanya terdiri dari item-item yang menggunakan material knit….