Basic KnowledgeDenim RelatedMitos atau Fakta

Mitos atau Fakta: Jeans Bagus Harus dari Natural Indigo?

Menyambung bahasan kemarin dari artikel Belajar Tentang Kain – Edisi 4: Dyeing a.k.a. Pencelupan, kami jadi terpikir akan topik ini. Perdebatan mengenai jeans bagus sudah bergulir seperti bola panas diantara para denimheads yang baru nyemplung maupun para senior punya puluhan jeans. Jadi, mari kita bahas.

Overview

Banyak pertimbangan kita pas beli raw jeans. Entah itu merek, potongan, detail, warna, atau fadesnya. Alasan terakhir mungkin jadi yang paling banyak dipilih. Fades sejatinya merupakan hal esensial dari sebuah jeans karena itu yang membedakan raw dengan washed jeans. Fades yang personal dan dinamis. Dinamis disini maksudnya fades akan berubah seiring perjalanan waktu.

Natural Indigo Lebih Baik?

Ngomong-ngomong soal fades, ada banyak faktor yang mempengaruhi jeans tersebut melepaskan pewarna. Salah satu faktor pentingnya adalah pewarna yang digunakan. Jeans bisa mudah melepas warna kalau pewarna yang digunakan tidak meresap ke dalam inti benang karena konsep fades adalah menjaga warna inti benang tetap natural. Saat benang bergesekan dan terkikis, inti benang akan menunjukkan warnanya dan perbedaan warna akan muncul.

Lalu, apakah natural indigo mempunyai kemampuan ini? Sayangnya tidak. Natural indigo mempunyai sifat lebih susah menempel ke dalam benang yang menyebabkan benang harus dicelup lebih banyak ke dalam larutan indigo. Permasalahannya adalah jika benang terlalu banyak dicelup ke dalam larutan indigo, inti benang akan menjadi biru. Ini yang membuat jeans dengan natural indigo disebut “susah fading”.

Berbeda dengan natural indigo, synthetic indigo punya sifat yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan si produsen. Synthetic indigo cenderung gampang menempel pada benang sehingga dibutuhkan pencelupan yang jauh lebih sedikit untuk menghasilkan warna yang sama dengan jeans dari natural indigo. Ini menyebabkan inti benang tidak terpenetrasi oleh pewarna sehingga fades bisa lebih kontras.

Jeans dari natural indigo biasanya lebih terang. Img source: (www.kojimagenesxsf.com)

Jika perihal fades natural indigo kalah, lalu apa kelebihan natural indigo? Jika pewarna masuk sampai ke inti benang, jeans dari natural indigo tentu bisa mempertahankan warnanya dengan lebih baik. Jeans yang kita pakai akan tetap terjaga warnanya dalam waktu yang lebih lama. Selain itu, warna jeans dengan natural indigo akan terlihat lebih eksotis karena warnanya yang khas. Biasanya tidak terlalu gelap. Yang terakhir, natural indigo lebih eco-friendly dibanding synthetic indigo. Limbah yang dihasilkan oleh natural indigo lebih ramah lingkungan karena dibuat dari bahan natural.

Tidak ada faktor mutlak yang membuat jeans dengan natural indigo lebih bagus. Memang jeans dengan natural indigo biasanya lebih mahal, tapi bukan berarti yang lebih mahal menjadi lebih bagus. Semua kembali ke kebutuhan dan keinginan si pengguna. Jadi, jeans yang bagus harus dari natural indigo? Menurut kami tidak.

29 posts

About author
Mimin #9
Articles
Related posts
NewsStyle

Kolaborasi Spesial antara Cultizm x Baracuta

Sebuah kolaborasi spesial terjadi di tahun 2021 ini antara Cultizm. sebuah toko menswear premium yang berfokus pada raw denim dan vintage garments…
8.0
FeaturedHonest ReviewsLocal Brand

Honest Review: Bluesville AddApt Bags

Di masa pandemi ini, kita dituntut untuk adaptasi dengan kebiasaan baru, menyesuaikan diri dengan perubahan yang terjadi. Hal itu yang menjadi faktor…
NewsWatches

JAM TANGAN INDIGO? DENHAM X PRO HUNTER “ROLEX GMT MASTER II”

Denham, sebuah merk jeans kenamaan asal Amsterdam dengan logo gunting yang ikonik ini secara resmi merilis produk kolaborasi mereka dengan sebuah perusahaan…