Skip to content Skip to footer

Honest Review 9 Years Later: Alden Indy 405

Seperti denim, menggunakan barang dalam jangka waktu yang lama dan dapat melihat perubahan/ aging yang terjadi pada barang tersebut menimbulkan suatu kepuasan tersendiri.

Maka Honest Reviews : _Years Later hadir untuk me-review barang-barang yang sudah digunakan dalam jangka waktu tertentu.


Alden Indy 405 (2012 – present)

Pada edisi perdana kali ini ada boots Alden Indy 405 milik mimin #13 yang dibeli 9 tahun lalu.


Cerita Singkat

Mimin #13 berujar bahwa ini merupakan boots ‘serius’ pertamanya yang dibeli tahun 2012 silam. Karena tidak mengetahui dengan pasti sizing dari Alden Indy (dan keterbatasan stok waktu itu sih) maka size yang dibeli true size. Alhasil kebesaran setengah nomor. Ini membuat fit-nya agak sedikit kebesaran & lebar. Maka ketika mengikat tali harus ekstra kencang. 


Kegiatan Yang Dilakukan

Jarang dipakai untuk kegiatan yang heavy, maka pengikisan pada sol pun terhitung tipis (jika dilihat dari umur barang ya). Kegiatan yang paling berat pernah dilakukan dengan boots ini yaitu hiking ke gunung Bromo, yang berefek pada gesekan-gesekan pasir yang menyusup di kulit upper.

Sol masih aman untuk beberapa tahun lagi

Perjalanan paling jauh memakai boots ini cuma pernah dibawa pelesir ke Jepang dan Korea Selatan untuk berjalan dari tempat satu ke tempat lainnya (per-hari bisa berjalan kurang lebih 13-15 kilo)

mimin #13

Overview

Dulu ketika pertama datang, mimin #13 merasa bahwa Alden Indy ini berat. Karena memang tidak terbiasa memakai boots untuk berkegiatan. Tapi setelah beberapa kali pemakaian sudah terbiasa hingga sekarang. Built quality tidak perlu diragukan karena memang sesuai dengan harga yang ditawarkan. Namun ada sedikit ‘gembos’ pada kulit upper (sayang tidak ada fotonya).

Berbicara kulit upper, Alden Indy 405 ini menggunakan brown workboot calfskin dari Horween. Yang warna awalnya cenderung agak merah dan gelap (bisa lihat di gambar). Namun setelah bertahun-tahun pemakaian warnanya menjadi terang dan pudar, bukan menggelap seperti patina pada kulit umumnya. Bukan sesuatu yang buruk sih, hanya menarik saja untuk diperhatikan.

Kembali ke fit yang kebesaran setengah nomor, ternyata tidak ber-efek terlalu besar pada kenyamanan. Hanya mungkin agak mengganggu di tampilannya yang jadi terlihat agak panjang di kaki mimin #13. Plus karena harus mengikat boots dengan ekstra kencang, tali sepatu bawaan dari Alden jadi cepat putus (fyi ganti 2 kali sejak pertama dibeli).

Worth every penny bagi kalian yang berencana tidak membeli boots lain dalam waktu 5-7 tahun kedepan! Alden Indy itu ikonik. Dan percayalah, benda yang ikonik akan selalu relevan dengan jaman dan tidak mengenal tren”

Kesimpulan dari mimin #13

Jangan lupa untuk melihat Honest Reviews kami yang lainnya disini