Basic KnowledgeStyle

Vintage Military Trousers and Pants – Bedanya Vintage, Repro, dan Inspired with Frownland Supply

Video kedua dari rubrik Vintage Life yang baru diupload kemarin di kanal YouTube Darahkubiru mengangkat sudut pandang yang sedikit berbeda dari video episode pertama. Sama-sama ditemani Frownland Supply, episode terbaru membahas perbedaan antara berbagai military trousers vintage issued, repro, atau inspired. Beberapa produk dari brand lokal pun ikut ditampilkan yaitu Dominate Jakarta, Timechine Co., Taka Craft, dan Hoya Fields. Masing-masing produk dibandingkan langsung dengan item vintage atau repro dari brand international.

Perbedaan Vintage Issued, Reproduction (repro), dan Inspired
Walaupun perbedaannya cukup kentara, seringkali awam menganggap semua ini hal yang sama.

  • Vintage issued: true piece dari military pants atau trousers yang memang diproduksi pada masa perang dan diperuntukkan untuk digunakan oleh troopers langsung di medan perang. Pada video ini: OG-507 Pants.
  • Reproduction: military pants atau trousers modern yang mengambil desain juga detail-detail yang (hampir) sama persis dengan vintage piece-nya. Mulai dari fabric, jahitan, ukuran saku, hardware, dan lain-lain. Dalam video: Real McQueen Military Trousers by Toys McCoy
  • Inspired: sama-sama mengambil desain dari vintage piece, tetapi detail yang dimiliki tidak sebegitu sama persis dengan produk issued-nya. Bisa saja fitnya diubah menjadi lebih slim, hardware diganti, dimensi saku diubah, penambahan/pengurangan detail, dan lain-lain.

Setelah mengetahui masing-masing perbedaannya, mari langsung bandingkan produk lokal kita dengan vintage piece dan reproduction dari brand internasional!

OG Military Pants/Trousers
Sebagai salah satu siluet yang paling dikenal, kami membawa satu celana vintage OG-507 milik mimin Adiosditto untuk langsung dibandingkan dengan produk-produk lokal. Untuk OG Pants lokal, kami didukung oleh Timechine Co. yang ternyata sudah mengaplikasikan beberapa detail original OG-507. Penggunaan pocket dengan desain exposed, backpocket, sampai ke bartack untuk menjamin durabilitas dari produknya. Untuk fit, Timechine terlihat sedikit melakukan twist menjadi lebih slim untuk mendukung overall siluet yang lebih modern.

M65 Cargo Trousers
Pertarungan sengit di bagian ini, karena ada tiga brand yang membawa masing-masing idealismenya ke dalam produk M65 Cargo Trousers yang tentu saja menghasilkan output produk dengan detail yang beragam dan unik. Mulai dari Taka Craft yang mengaplikasikan detail hybrid pada produknya dengan menggabungkan desain pocket depan dan belakang dari OG Military Pants. Satu-satunya detail kunci yang dibawa adalah cargo pocket dari M65 Cargo Trousers yang tentu saja tidak bisa dilewatkan.

Sementara itu, Hoya Fields sudah selangkah lebih maju dalam hal detail-detail dengan mengaplikasikan berbagai detail M65 Cargo Trousers seperti waist adjuster, desain pocket plus snap buttonnya, sampai drawstring pada cargo pocket dan knee pleats-nya.

Terakhir, ada Dominate Jakarta yang output produknya bisa dibilang paling memuaskan dalam hal mengadaptasi desain dari M65 Cargo Trousers, sampai ke drawstring pada bagian hemnya dengan warna yang cukup kontras sebagai diferensiasi terhadap true piece-nya. Penambahan lain yang diaplikasikan adalah D-hook di bawah belt loop sebelah kanan dan label brand masing-masing di samping dan belakang bagian kiri.

Military Trousers
Dengan overall produk lebih dressy dan warna fabric yang cukup umum, Military Chino/Trousers dari Hoya Fields memiliki siluet dan warna yang sangat mirip dengan lawannya, Real McQueen by Toys McCoy. Kedua pasang celana ini sama-sama mengaplikasikan coin pocket di sebelah kanan depan, double-felled outseam, dan backpocket button. Perbedaan paling jelas ada di bagian fly yang sudah diganti menjadi zipper.


Sebagai salah satu orang yang ikut menyaksikan langsung detail masing-masing produk, saya sendiri merasa puas dan bangga karena produk-produk dari brand lokal sudah mampu menyediakan pilihan alternatif dengan harga yang sangat terjangkau, jika kita bandingkan dengan detail-detail yang dapat diperoleh ketika membeli produknya.

29 posts

About author
Mas-mas IT yang suka vintage workwear, menswear, leather shoes/boots, dan vintage watches.
Articles
Related posts
Denim RelatedStyleVintage LifeYAS : Yang Aku Suka

YAS : Yang Aku Suka vol.5 dengan Aryo Wicaksono dari Oldblue Co.

Di YAS volume.5 kali ini ada Aryo Wicaksono (@aryopeppers). Desainer dari Oldblue Co. & Blue Muscle Union yang akan berbagi tentang barang-barang…
StyleVintage LifeYAS : Yang Aku Suka

YAS : Yang Aku Suka vol.4 dengan Bayu Prawira

Bayu yang saat ini sedang menuntut ilmu bahasa di 横浜市南区 sambil bekerja part-time di TENJIN Leatherworks,akan berbagi tentang barang-barang favoritnya Barang-barang ini…
Basic KnowledgeStyle

Vintage Life - Military Shirts and Jackets bersama Frownland Supply

Bagi yang sudah menonton video YouTube yang membahas tentang military jacket di channel Darahkubiru, bisa jadi sudah memiliki sedikit gambaran mengenai koleksi…