Denim RelatedNews

Nudie Jeans Perluas Akses Sustainability Concept Kepada Pecinta Denim Indonesia

Brand denim dari Swedia, Nudie Jeans, dikenal sebagai salah satu pionir dalam sustainability program, baik bagi lingkungan maupun sosial. Salah satu wujud komitmen ini adalah dengan membuka Nudie Jeans Repair Shop yang ke-2 di Plaza Indonesia Mall, Indonesia. Upaya ini dilakukan untuk memperluas akses sustainability concept kepada pada pecinta denim di Indonesia.

Nudie Jeans Repair Shop akan menjadi pusat bagi konsep keberlanjutan sebuah denim yaitu dari penjualan produk Nudie Jeans, reparasi (repair), penukaran (trade-in) dan penjualan kembali (resold). 

Co-founder Nudie Jeans Joakim Levin mengatakan, pihaknya mengimplementasikan filosofi melalui penyediaan akses, menjelaskan konsep, serta menunjukkan tanggung jawab terhadap sustainability concept dengan membuka lebih banyak Nudie Jeans Repair Shop.

“Dengan menyediakan garansi reparasi denim selamanya, transparansi rantai produksi dan hanya menggunakan bahan dari kapas organik, Nudie Jeans adalah pionir dalam industri denim,” kata Levin dalam keterangan tertulis yang diterima Darahkubiru, Minggu (20/12/2020).

Konsep Nudie Jeans Repair Shop yang kedua di Indonesia ini mencerminkan kekokohan dan ketahanan denim yang menjadi bagian dari sustainability concept Nudie Jeans. Salah satu cerminan konsep itu adalah warna terakota pada lantai yang menyatu dengan interior yang didominasi warna palet. 

Modul khas Nudie Jeans berupa denim yang ditumpuk menjadi ciri keseluruhan desain, membentuk rak denim dan ditata dengan sangat detail. 

Sementara itu, rak menggunakan bahan baku dari Indonesia dan ada desain dengan warna denim memudar yang membentang di langit-langit. Instalasi celah kayu menjadi tambahan interior pencahayaan yang populer di Swedia pada tahun 1970-an. 

In-house Architect Nudie Jeans, Ida Toll, mengatakan, desain Nudie Jeans Repair Shop kali ini memadukan ciri khas Nudie Jeans dengan standar yang dimiliki oleh Plaza Indonesia. 

“Kami selalu mengupayakan penggunaan bahan mentah, menghindari plastik, laminasi dan komposit, serta memastikan bahan-bahannya diproduksi secara bertanggung jawab,” ujar Ida.

Nudie Jeans Repair Shops saat ini ada 33 dan berlokasi di Gothenburg, Stockholm, Oslo, London, Munich, Malmo, Zurich, Barcelona, Berlin, Sydney, Melbourne, Brisbane, Tokyo, Nagoya, Osaka, New York, Amsterdam, dan Los Angeles.

Dikenal dalam konsep keberlanjutan di bidang lingkungan dan sosial, Nudie Jeans hanya menggunakan bahan dari kapas organik untuk memastikan pertanggungjawaban dan transparansi proses produksi, serta menyediakan reparasi selamanya. 

Tak hanya itu, Nudie Jeans pun menjual denim bekas layak pakai dan menawarkan program tukar tambah denim.

Mengenai sustainability concept 

Diperkenalkan pertama kali pada tahun 2001 di Goteborg oleh Maria Erixon Levin, Nudie Jeans sangat fokus pada sustainability dan merupakan salah satu brand denim yang dihormati di dunia. 

Produk-produk Nudie Jeans terbuat dari 100% kapas organik, memiliki tanggung jawab sosial, dan transparansi sistem produksi. 

Nudie Jeans terbuat dari 100% kapas organik yang tersertifikasi yang berarti tidak ada penggunan bahan kimia dalam proses pembuatannya sehingga tidak membahayakan bagi pekerja dan tanah area tanam kapas masih dapat digunakan untuk tanaman pokok dan lainnya sebelum waktu panen kapas. 

Selain itu, Nudie Jeans mengurangi penggunaan air melalui water management dan mereparasi denim sehingga bisa digunakan lagi. Nudie Jeans pun mendukung sistem pengupahan yang baik sebagai bagian dari tanggung jawab sosial. 

Transparansi sistem produksi dilakukan dengan pemilihan pemasok yang memiliki nilai yang sama dengan Nudie Jeans. Nudie Jeans juga tergabung dalam Fair Wear Foundation, dimana Nudie Jeans mendapat penghargaan “Best Practice Award” pada tahun 2014 dan terus berada di peringkat teratas selama 6 tahun berturut-turut.

Penghargaan tersebut diberikan atas upaya meningkatkan kehidupan sosial melalui kemitraan dengan pelaku industri.  

Pada tahun 2019, Nudie Jeans telah memperbaiki 63.281 lembar denim dan 11.573 lembar denim bekas dikumpulkan untuk diolah kembali. Ini berarti Nudie Jeans telah menghemat 50.000 kilo limbah tekstil, dengan mereparasi denim, dan menghemat 441.000 ton air jika digunakan untuk produksi denim baru.

Koleksi yang akan ada di Nudie Jeans Repair Shop meliputi celana denim, t-shirt, shirt, jaket, ikat pinggang dan aksesoris dengan harga Rp 200.000,- hingga Rp 4.000.000,- Nudie Jeans Repair Shop juga menyediakan layanan perbaikan selamanya tanpa tambahan biaya.
Untuk informasi selengkapnya mengenai Nudie Jeans Repair Shop, kunjungi situs resmi dan Instagram Nudie Jeans.

22 posts

About author
interdimensional skirmisher, somewhere between Chandler Muriel Bing and Ross Geller.
Articles