Basic KnowledgeFeatured

Leather Shoes/Boots Care Guide 101

Menjadi salah satu item yang hampir dimiliki semua kalangan, entah untuk keperluan bekerja atau bergaya, leather shoes/boots menjadi selalu menarik untuk dibahas. Salah satunya tentu adalah tentang cara perawatan yang informasinya bertebaran dimana-mana, namun seringkali simpang siur. Berikut adalah langkah-langkah mudah merawat leather shoes/boots.

Storing
Leather shoes/boots menitikberatkan pada satu material yang bisa dibilang organik, yaitu kulit. Dikarenakan karakter naturalnya, seringkali kulit menjadi berjamur ketika disimpan di tempat lembab. Maka dari itu, simpanlah leather shoes/boots di tempat yang memiliki kelembaban rendah serta yang memiliki sirkulasi udara baik. Tak lupa tambahkan shoe trees pada setiap pasangnya untuk meminimalisir perubahan bentuk yang signifikan.

Oxford Shoes with Shoe Trees. Kredit foto @satriaamp.

Bisa juga disimpan di dalam dus yang sebelumnya dibungkus dustbag terlebih dahulu. Jangan lupa untuk menyimpan beberapa silica gel yang akan membantu mengurangi kelembaban, jika memang leather shoes/boots bukanlah item yang dipakai rutin.

Cleaning
Jika leather shoes/boots terlanjur cukup kotor seperti berdebu, berlumpur, bahkan berjamur, langkah awal yang perlu dilakukan adalah menghilangkannya dengan bantuan horse hair brush untuk debu, atau damp cloth untuk kotoran ringan.

Shoes Brush. Kredit foto @semir_idn.

Kasus khusus untuk kotoran yang sudah terlanjur menempel, bisa juga menggunakan berbagai pilihan leather cleaner, salah satu yang cukup populer adalah saddle soap. Biarkan beberapa saat setelah proses pembersihan sebelum masuk ke tahap selanjutnya (jika diperlukan). Hindari pula pengeringan di bawah sinar matahari langsung.

Conditioning
Pernah mengalami leather shoes/boots terlihat kering? Mungkin saja leather shoes/boots sudah kehilangan sebagian besar kandungan minyak alaminya. Untuk memulihkannya bisa dicoba dengan menggunakan leather conditioner yang saat ini opsinya banyak bertebaran di pasar. Tujuannya tentu saja untuk mengembalikan ‘kesehatan’ leather shoes/boots, walaupun di beberapa kasus mungkin sudah tidak bisa diselamatkan.

Tambahkan conditioner secukupnya pada upper (setelah sebelumnya dibersihkan), lalu diamkan beberapa saat sampai conditioner benar-benar menyerap. Untuk leather shoes/boots yang dipakai harian, conditioner bisa diaplikasikan setidaknya 6 bulan sampai setahun sekali. Bagi yang sudah cukup terampil mengetahui keadaan leather shoes/boots, conditioning bisa disesuaikan dengan keadaan leather shoes/boots.

Polishing
Beberapa keadaan mungkin mengharuskan kita melakukan polishing pada leather shoes/boots, contohnya ketika dipakai bekerja atau menghadiri undangan dan event penting lain. Tahapan ini lazimnya dilakukan setelah proses conditioning.

Leather Shoes Polishing. Kredit foto @satriaamp.

Tambahkan cream berwarna senada pada upper untuk menutupi spot yang mungkin sudah mengalami decolorization atau damaged. Setelah itu, tambahkan wax polish secukupnya sampai upper menjadi kinclong. Untuk yang lebih advance, bisa pula mengaplikannya berulang kali dengan teknik khusus untuk bisa menghasilkan mirror shine pada leather shoes/boots. Pastikan untuk fokus ke daerah yang tidak bergerak, seperti toe dan heel, untuk menghindari lapisan wax polish retak selama pemakaian.


Mungkin masih ada beberapa pendapat lain mengenai cara yang benar untuk merawat leather shoes/boots. Langkah-langkah di atas adalah yang paling umum dan sudah teruji lewat penggunaan secara pribadi. Satu hal yang pasti, leather shoes/boots yang terawat dan bersih akan menjadi kunci dalam penampilan sehari-hari kita semua.

Photo credit: Semir Indonesia/@semir_idn

23 posts

About author
Mas-mas startup IT yang suka vintage workwear, menswear, leather shoes/boots, dan vintage watches.
Articles
Related posts
Basic KnowledgeDenim Related

Perawatan Jeans Anti Mager dengan Machine Wash

Merawat jeans kesayangan terkadang bikin kita jadi mau lebih repot untuk melakukan berbagai treatment, mulai dari menjemur, menambahkan pewangi, sampai mencuci dengan…
Brand RecommendationLocal Brand

Rekomendasi Brand Leather Boots Pendatang Baru dan "Under the Radar"

Di awal Darahkubiru berdiri, mungkin belum terlalu banyak brand leather boots yang muncul. Opsi material, gaya, detail, dan harga masih itu-itu saja….
Brand RecommendationLocal Brand

Rekomendasi 5 Brand Leather Boots Indonesia

Memasuki akhir tahun, hampir dapat dipastikan musim hujan tengah berlangsung. Situasi outdoor seperti menghadapi jalanan yang basah dapat dipastikan pula sulit dihindari….