FeaturedWawancara

Memperkenalkan Hanzo Jeans

Berkembangnya bisnis denim di Indonesia membuat bibit-bibit baru bermunculan. Para pemain baru ini membawa dan menekankan pemikiran dan filosofi pribadi sebagai konsep dari jeans buatan mereka sendiri. Tim darahkubiru pertama kali melihat kemunculan brand ini dimulai dari sepak terjangnya thread Local Brand di forum Darahkubiru. Memakai nama seorang ninja yang pernah kita saksikan kartunnya di stasiun tv, produk mereka bisa menjadi alternatif baru bagi para pecinta denim. Nama brand ini adalah Hanzo Jeans. Melihat antusiasme anggota forum Darahkubiru terhadap produk dari Hanzo Jeans, kami memutuskan untuk mewawancarai mereka.

Siapa saja dibalik brand Hanzo?

Untuk penggerak usaha ini, saya sendiri, major stakeholder keluarga, dan untuk hal lain ada beberapa yang saya outsource.

Bagaimana awal anda menyukai denim?

Berawal ketika mengetahui bahwa raw denim bisa berubah warna yg mencitrakan karakter sang pemakai dan dari pengalaman langsung memiliki berbagai macam brand jeans.

Dengan banyaknya brand denim local, kenapa tertarik membuat brand sendiri?

Memang saat ini saya melihat ada banyak sekali brand denim lokal dengan konsep dengan filosofi yang sangat beragam. Mengapa saya tertarik membuat brand sendiri, pastinya karena saya memiliki passion di bidang ini. Selain itu, saya ingin membuat orang menganggap bahwa jeans itu tidak hanya sekadar jeans, tetapi jeans itu dapat menjadi partner kita sehari-hari. Oleh karena itu, saya ingin memberi warna baru di industri denim lokal dengan konsep, filosofi, kualitas, dan detail yang menarik tentunya, agar industri denim di Indonesia semakin berkembang dan dapat bersaing di luar sana.

TS105SS (The Showdown 105 Slim Straight)

TS105SS (The Showdown 105 Slim Straight)

Apa arti dari nama Hanzo?

Hanzo Hattori, figure yang selaras dengan influence dan power, setema dengan karakter jeans saya seperti durability dan reliability. Seperti bagaimana Tokugawa Ieyasu memercayakan hidupnya kepada Hanzo Hattori.

Sesuai namanya yaitu Hanzo, Kenapa lebih condong ke japanese denim?

Betul saya terinspirasi dari Japanese denim, namun saya sendiri belum mengkategorikan jeans saya sebagai Japanese denim.

Apa konsep dibalik produk anda?

Berdasarkan fungsi jeans yg utama yakni celana yang kuat. Saya mau membuat celana yang high standard dengan details yang berbeda; membuat sang pemakai menjadi bangga akan sejarah, tradisi, dan worksmanship dari celana tersebut.

Kenapa memilih heavyweight denim sebagai produk perkenalan anda ke masyarakat?

Karena berdasarkan konsep Hanzo yang strong and powerful , sesuai dengan karakteristik Hanzo. Akan tetapi, Hanzo kedepannya akan menawarkan product jeansnya dengan berbagai macam berat, tentunya tetap berlandaskan konsep yang diusung dari awal.

Hanzo Jeans TS105SS

Hanzo Jeans TS105SS

Hanzo Jeans Rusted Laurel Leaf Button

Hanzo Jeans Rusted Laurel Leaf Button

 

Jelaskan keunggulan produk anda!

Semuanya, karena saya menganggap setiap detail dari jeans saya membantu jeans saya menjadi sebuah produk yang kompetitif.

Bisa dijelaskan sedikit mengenai konsep leather patch?

Konsep leather patch kami, disana Hanzo Hattori, master dari ilmu perninjaan dimetamorphosakan sebagai Jeans itu sendiri, yang berdiri dengan tangguh, memancarkan influence dan powernya. Ninja-ninja yang lain tanggap dan mengakui influence Hanzo yang powerful dalam dirinya yang berbentuk jeans dan alas, menghormat.

Hanzo Jeans Leather patch

Hanzo Jeans Leather patch

Apa maksud dari Sword style fly?

Simplenya sebuah konstruksi pada fly yang menyerupai bentuk pedang.

Brand apa yang mempengaruhi terbentuknya produk dari Hanzo?

Masing-masing brand memiliki kualitas yang unik, semua brand yang saya ketahui, saya serap yang terbaik dan mengaplikasikannya kepada Hanzo.

Ada rencana membuat washed denim?

Belum ada rencana.

Ada rencana membuat denim dengan potongan skinny?

Sepertinya tidak.

Apa produk Hanzo selanjutnya? Mungkin bisa beritahu bahannya pake apa?

Itu surprise “Hanzo, a friend of the shadow and depicted as the darkness itself, spawns without expected, strikes without heard, and exits without seen.” Bagi saya, identitas sebuah bahan itu bukan yang utama, yang utama adalah spesifikasi dan kualitas bahan (dengan penilaian dari para ahli dan dari berbagai faktor).

Hanzo Jeans Selvedge line

Hanzo Jeans Selvedge line

Hanzo Jeans Daruma Pocket Bag

Hanzo Jeans Daruma Pocket Bag

Kalau anda boleh memilih, ingin berkolaborasi dengan brand apa?

Kalau berbicara mengenai kolaborasi dengan brand luar, saya akan merasa terhormat untuk bisa berkolaborasi. Saya menghargai setiap pihak yang tertarik untuk berkolaborasi dengan saya. Impian saya, adalah berkolaborasi dengan Evisu untuk brand luar negeri, karena mereka merupakan salah satu pioneer Japanese Jeans.

Apa pesan-pesan bagi para denim enthusiast?

Support selalu industry denim lokal agar bisa memajukan perindustrian Indonesia dan menjadikan produk Indonesia menjadi produk yang kompetitif di pasar international. Dan jangan lupa pilihlah “the best durable partner for your daily activities”

Kalian bisa melihat dan memesan produk mereka di thread Hanzo dan hanzocoltd@gmail.com. (TMP)

Cerita dan wawancara oleh Timotius M. Prasetia @timoxmp

Related posts
Denim RelatedNews

Pandemi Belum Berakhir, Akankah Denim Menemui Titik Nadir?

Sejak mulai mewabah di awal 2020, pandemi Covid-19 belum menunjukkan tanda-tanda mereda. Berdasarkan data World Health Organization (WHO), per Jumat (12/2/2021) virus…
Basic KnowledgeDenim Related

Tentang Kain - Edisi 5: Weaving a.k.a. Tenun

Sudah baca bahasan kami minggu kemarin? Bahasan minggu ini gak kalah seru pastinya. Di bahasan ini kita akan bahas gimana sih proses…
Local BrandStyle

Pot Meets Pop / Cheech & Chong 50th Anniversary

Pot Meets Pop berkolaborasi bersama the undisputed heavyweight champion of stoner comedy : Cheech & Chong. Kolaborasi mereka menghasilkan produk-produk yang sarat…

16 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.