Skip to content Skip to footer

Lee 101 Blanket Lined Chore Jacket

Selain terkenal dengan celana-nya Lee 101 juga terkenal dengan koleksi jaketnya mulai dari Storm Rider, Engineers jacket dan yang cukup populer adalah chore jacketnya. Chore jacket sesuai namanya adalah jaket yang dibuat untuk pekerjaan dan rutinitas sehari-hari bagi para pekerja pada jamannya. Chore jacket yang kita dapatkan pada kesempatan kali ini adalah versi winter-nya dimana di beberapa bagian ditambahkan beberapa elemen penghangat seperti pada lining dan juga bagian kerah.

Tampak depan
Tampak belakang

Model yang ditawarkan pada chore jacket ini adalah model standar dan paling umum ditemui di chore jacket baik dari Lee maupun brand lainnya, sebuah semi coat dengan panjang menutupi setengah paha dan dilengkapi dengan banyak kantong di bagian dada dan pertu untuk menaruh perlengkapan yang dibawa sehari-hari. Di bagian dalam kita bisa melihat bahwa disediakan juga semacam hidden pocket. Bahan yang digunakan pada chore jacket ini sepertinya sebuah denim yang tidak terlalu heavy dan memiliki tekstur yang cukup unik, hampir mirip seperti jelt denim dari Lee.

Blanket lining
Hidden pocket dan close up lining
Kerah dengan bahan corduroy
Untuk jaket versi ini, kita bisa menemukan pelengkap dalam menghadapi udara dingin seperti di kerah dan lining. Kerah dibuat dengan bahan corduroy menggantikan bahan jeans yang biasa dipakai karena bahan corduroy dikenal lebih menjaga kehangatan. Hal yang paling membuat jaket ini menahan dingin adalah penggunaan lining blanket yang biasa digunakan sebagai selimut dan terbuat dari wool yang hangat dan memiliki tekstur yang coarse. Pola pada liningnya juga sangat khas dan terlihat vintage.
Shield shape pocket khas Lee
Shield pocket khas Lee di bagian bawah

Jaket ini terlihat sangat menarik dari segi detail dan konstruksi. Untuk bagian-bagian seam pada jaket ini hampir semuanya dibuat dengan jahitan triple stitching yang selain memperkuat bagian seam juga membuat jaket ini terlihat kuat dan rugged. Bagian depan jaket memiliki 4 buah kantong dengan gaya shield shape pocket khas Lee. Kami suka dengan penempatan kantong di bagian perut yang agak miring dan terlihat quirky. Kami juga selalu suka dengan button bundar khas engineers dan chore jacket, dimana pada jaket ini Lee menggunakan button berwarna agak coklat tembaga dengan tulisa Lee 101. Engineers cuff pada jaket ini dilengkapi dengan 2 buah button.

Kancing khas chore jacket
Engineers Cuff dengan 2 button
 ———————————————————————————————

Lee is also famous for their other products especially their jackets collections ranging from Storm Rider, Engineers jacket and the ever popular chore jacket. Like the name says, this chore jacket is made for everyday chore and routine for the workers at the time. The one we got for this review is the winter version of chore jacket as we can see from their added elements like in the collar and lining.

The jacket is pretty much the usual chore jacket style found in Lee collections and other brand, a semi coat length jacket with lots of pockets to cater the needs of carrying things for everyday work. We can also see a hidden pocket on the inside. The material used in the jacket is a lighter weight denim with unique textures, almost looks like its made from the famous jelt denim.

For this version of a jacket, we can see some added elements to keep the wearer warm such as in the collar and lining. The collar is made from a khaki colored corduroy to keep the neck warm. The main part to add warmth to this jacket is the lining which is made from a wool blanket lining used usually as a blanket in the winter. The blanket pattern still got that line pattern to keep it vintage.

In terms of construction and details, this jacket is really interesting and we always love to see a take on a classic chore jacket from Lee. Almost all seams are constructed with a triple stitching method that makes it stronger and also looks more rugged. The jacket has 4 visible pockets designed with Lee shield shape pocket style. We like the quirky placement of the lower pockets which makes it pretty unique. We also love the engineers button and Lee done it with a classic copper-ish color with Lee 101 engraving on top. The sleeve ending is completed with an engineers cuff with 2 buttons to fastened.

Leave a comment