FeaturedHonest Reviews

Samurai Jeans x INDIGO Denim Contest 2011

Seperti tahun-tahun sebelumnya, INDIGO Denim Contest kembali diadakan pada tahun ini. Kontes pun dilebarkan sayapnya dengan membagi kontes menjadi 3 kategori yaitu kontes berbasis denim lokal, kontes dengan brand denim ternama dari mancanegara, dan kontes khusus untuk ladies. Hingga saat ini kontes denim lokal dan IDC Ladies Contest sudah memasuki bulan ke 4, tetapi hingga bulan ketiga, para kontestan sponsored contest masih merasa was-was karena denim yang dijanjikan oleh brand ternama dari Jepang, yaitu Samurai Jeans belum juga rampung. Akhirnya Samurai x IDC2011 sudah siap dipakai oleh para kontestan dan berikut akan kami sajikan sedikit review dan latar belakang mengenai jeans contest special make up ini.

Setelah melalui debat sengit dan negosiasi yang cukup alot, akhirnya tim kontes berakhir memaksa Blue In Green untuk bekerja sama dengan Samurai Jeans untuk membuat sebuah jeans pesanan khusus yang dibuat untuk IDC 2011. Tim kontes dan tentunya para peserta harusnya merasa bangga karena berkesempatan untuk berkolaborasi dengan brand yang cukup ternama dan membuatkan jeans khusus untuk kontes.

S710VX- IDC11

Samurai button

Bagian belakang button

Samurai 17oz Zero Denim

Jeans yang diusung merupakan sebuah kombinasi yang belom pernah Samurai lakukan sebelumnya yaitu mengkawinkan antara bahan legendaris dari Samurai, yaitu 17oz Zero Denim atau VX Denim yang sering digunakan di produk lot 0500vx dan 5000vx dengan salah satu cut paling favorit dari Samurai yaitu cut 710 yang memiliki karakteristik slim straight dan didaulat banyak orang sebagai perfect cut dari Samurai. Lahirlah S710VC- IDC 2011 yang merupakan salah satu produk yang bisa dibilang terobosan dari sisi Samurai.

Selvage dari Zero Denim

Backpocket dengan hidden arc

Hidden Arcuate

Salah satu detail yang paling menarik dan patut dibanggakan pada jeans edisi kontes ini adalah, penggunaan hidden arcuate yang merupakan salah satu detail unik dari Samurai yang paling digemari dan sampai saat ini Samurai jarang sekali mengeluarkan produk baru dengan arcuate model ini. Hidden arcuate merupakan sebuah metode menyembunyikan arcuate yang biasa dijahit di bagian luar kantong belakang sehingga tampak kasat mata. Namun seiring penggunaan jeans, fading di bagian kantong belakang akan muncul dengan bentuk arcuate khas Samurai.

Rivets pada jeans IDC 2011

Bagian belakang rivet dan herringbone pocket bags

Tab dengan "A" terbalik di coin pocket

Detail lainnya juga cukup unik, seperti pemindahan tab dari kantong belakang ke coin pocket (mirip dengan penempatan tab Eternal), namun tetap menggunakan tab dengan huruf “A” terbalik. Konon kabarnya Samurai hanya akan melakukan tab model ini untuk jeans-jeans spesial dan kolaborasi. Penggunaan benang 2 warna yaitu orange dan lemon di beberapa bagian seperti waistband menambah keunikan jeans ini. Selain itu jeans ini juga menggunakan benang berwarna biru gelap untuk bagian inseam dan hem yang menampilkan kesan stealthy dan clean pada bagian kaki.

Perbedaan warna benang

Rayon Label di wasitband

Untuk tetap menampilkan suasana Indonesiana di jeans ini, tim kontes memilih menggunakan pocket bag dengan bahan herringbone yang berwarna merepresentasikan bendera kita, merah dan putih. Di salah satu pocket bag, sang empunya Samurai, Toru Nogami dengan senang hati menandatangani-nya dan di pocket bag lainnya terlihat tulisan “Samurai Jeans for Indonesian Denim Contest” lengkap dengan penomoran limitasi produk (limited to 50).

Patch dengan desain warna biru representasi INDIGO

Pocket Bags

Kami tidak sabar untuk melihat bagaimana jeans spesial untuk kontes ini berevolusi seiring waktu kontes yang akan berjalan selama 1 tahun dan bukan tidak mungkin jeans ini akan tetap dipakai di tahun-tahun setelah kontes, mengingat jeans ini sendiri merupakan jeans yang sangat bagus.

Mungkin jeans dari Samurai ini merupakan sebuah milestone bagi dunia persilatan denim di Indonesia, karena bisa membuka pintu ke brand-brand denim lainnya ke negeri kita dan juga membuka mata luar terhadap komunitas denim dan industri denim di tanah air. Bukan tidak mungkin bahwa kontes-kontes berikutnya akan mendatangkan brand-brand jeans favorit para pembaca nantinya mengingat berkembang pesatnya perdeniman di Indonesia. Dan semoga hal ini juga nantinya memaksa industri denim lokal kita untuk berkembang terus.

Pocket Bag IDC 2011

 

Tanda tangan Toru Nogami

Untuk melihat bagaimana perkembangan kontes dan fit-fit peserta serta foto-foto detail jeans lainnya, langsung saja kunjungi forum bagian kontes.

Special thanks untuk semua foto oleh Alvonsius Ryanditia (machipret @forum)

Related posts
Basic KnowledgeDenim RelatedNews

Kilas Balik: Tentang Denim Western Shirt

Dari banyak pakaian, baju merupakan hal esensial yang dilihat orang lain. Begitu pula oleh denimhead, baju merupakan salah satu item wajib jika…
8.9
Brand RecommendationHonest Reviews

Honest Review: Grand Archive GA-103-NM1

Prolog Grand Archive adalah salah satu brand lokal asal Bandung berdiri di pertengahan bulan tahun 2019 kemarin, jadi bisa terbilang cukup baru…
Basic KnowledgeDenim Related

Mitos atau Fakta: Oz Besar = Mudah Fading?

Forum-based community punya satu hal yang paling bikin seru, yaitu knowledge sharing yang sudah menjadi kultur Darahkubiru. Makanya waktu liat ada satu…

8 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.