Denim RelatedHonest Reviews

Free and Easy Magazine, Oktober 2009

Pada bulan Oktober 2009 lalu, majalah Jepang,  Free and Easy mengeluarkan edisi spesial yang khusus membahas seluk beluk mengenai denim.

Pada edisi kali ini, kita bisa melihat berbagai hal menarik dan informatif mengenai denim, terutama apabila majalah ini tersedia dalam bahasa yang lebih mudah dimengerti (seperti bahasa Indonesia atau bahasa Inggris), maka majalah ini merupakan majalah  yang sangat edukatif dalam bidang denim dan jeans.


db-Free&easydenim-4

Begitu membuka halaman cover, kita sudah dimanjakan dengan beberapa iklan dari Lee, Samurai, dan juga Trophy Clothing.  Setelah itu pada majalah Free and Easy edisi ini, kita bisa melihat bagaimana sejarah perkembangan jeans – jeans pioneer yaitu Levi’s Strauss, Lee, dan juga Wrangler.

Artikel tersebut menceritakan bagaimana perkembangan jeans tersebut mulai dari Arcuate nya, Leather Patch, Button, Rivets dan lain – lain nya sejak mereka berdiri hingga mereka menjadi brand jeans yang sudah cukup established.

db-Free&easydenim-5
db-Free&easydenim-2

Selain history of origins, majalah Free and Easy ini juga sama seperti majalah dan buku denim lainnya, yaitu membahas berbagai brand yang cukup terkenal namanya dan juga memiliki kualitas yang sangat baik di bidangnya, sebut saja Iron Heart, Kato, Samurai, Warehouse, the Billiken Man, the Steam Locomotive, Phil Smart, Ten-ku Maru, Full Nelson, Joe McCoy, World Workers, Strike Gold, dan juga brand yang cukup populer di Indonesia saat ini, Nudie Jeans co. (sepertinya cukup jarang author jepang yang memasukkan Nudie Jeans kedalam buku / majalahnya).

db-Free&easydenim-9

Artikel berlanjut dengan pembahasan bagaimana Denim Scene di United States of America. Kita bisa melihat bagaimana perkembangan – perkembangan seperti Japan Denim in USA, Cutting in USA, Fabrication in USA, Sewing in USA, dan juga Finishing in USA. Majalah Free and Easy kali ini juga membahas mengenai recent blue collaboration mereka dengan Warehouse, Wrangler dan juga the Real McCoys.

db-Free&easydenim-6
db-Free&easydenim-3
db-Free&easydenim-8

Selain membahas tentang denim itu sendiri, pada edisi kali ini Free and Easy juga memberikan artikel seperti Shop Guide untuk di Jepang, kemudian artikel mengenai Jeans at Home, dan juga bahkan terdapat beberapa halaman artikel yang berisi mengenai proses Denim Making mulai dari pemintalan benang, indigo dye-ing, membuat pola cutting-an, sampai dengan proses distressing dan membuat wash look yang baik.

Intinya, majalah Free and Easy edisi Denim ini merupakan salah satu majalah yang wajib dimiliki bagi para denim enthusiasts, terutama mereka yang sangat faham dengan bahasa jepang, karena majalah ini sangatlah informatif dan edukatif.

Free and Easy (Oktober 2009), IDR 190.000, available at Kinokuniya Bookstore.

Related posts
Basic KnowledgeDenim RelatedNews

Kilas Balik: Tentang Denim Western Shirt

Dari banyak pakaian, baju merupakan hal esensial yang dilihat orang lain. Begitu pula oleh denimhead, baju merupakan salah satu item wajib jika…
8.9
Brand RecommendationHonest Reviews

Honest Review: Grand Archive GA-103-NM1

Prolog Grand Archive adalah salah satu brand lokal asal Bandung berdiri di pertengahan bulan tahun 2019 kemarin, jadi bisa terbilang cukup baru…
Basic KnowledgeDenim Related

Mitos atau Fakta: Oz Besar = Mudah Fading?

Forum-based community punya satu hal yang paling bikin seru, yaitu knowledge sharing yang sudah menjadi kultur Darahkubiru. Makanya waktu liat ada satu…

4 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.