FAQ

Supaya terlihat mahir, sering kali istilah-istilah dalam suatu bidang harus digunakan ketika kita berkomunikasi dengan orang lain. Seringkali orang kadang salah dalam menafsirkan dan menggunakan istilah tersebut. Berikut ini kumpulan istilah-istilah dalam dunia denim yang setidaknya menaikkan kita satu level lebih tinggi dari orang awam pada umumnya.

Ps: Sumber disadur dari berbagai bahan di internet dan dari forum.

Arcuate

Arti harafiahnya yaitu sesuatu yg menyerupai sebuah lengkungan. Pertama kali digunakan oleh Levis di kantong belakang jeans dengan double-stitching. Dikenal sebagai salah satu clothing trademark tertua di dunia. Levis mempatenkan arcuate stitchingsejak tahun 1943. Selain Levi’s, brand jeans besar dari Amerika seperti LEE dan Wrangler juga menggunakan arcuate untuk membedakan jeansnya dengan yang lain.

Levi's Arcuate

Lazy S pada LEE

Bar tack

Merupakan teknik dan prosedur jahit yang biasa digunakan untuk memperkuat bagian-bagian yang dianggap sebagai stress point. Pada jeans, biasa digunakan di bagian front fly, ujung kantong belakang, dan crotch. Bartack yang menggunakan mesin bartack terdiri dari jahitan zig-zag dengan kerapatan yang tinggi.

Bartack di dekat rivet kantong belakang

Bartack pada bagian crotch

Broken Twill

Dibuat pertama kali oleh Wrangler. Pada dasarnya merupakan gabungan antara left hand twill dan right hand twill. Dibuat untuk mencegah leg twisting yang terjadi natural karena arah rajutan yg mengarah ke kanan atau ke kiri.

Broken twill, arah rajutannya zig zag

Broken twill, arah rajutannya zig zag

Chain Stitch

Merupakan teknik jahit yang paling penting pada jeans. Pada teknik jahit ini, dibutuhkan 2 buah benang yang akan saling mengunci satu sama lain dan membuat pola seperti rantai. Teknik jahitan ini merupakan salah satu teknik jahit yang akan menjamin kekuatan yang lebih dibanding jahitan biasa. Biasanya chainstitch digunakan di bagian-bagian yang merupakan stress point seperti inseam dan pinggang. Selain karena kekuatannya, jenis jahitan ini juga akan memberikan roping effect di bagian hem. Salah satu mesin jahit yang sudah digunakan sejak jaman dulu dan terkenal karena kemampuan membuat chainstitchnya untuk hem adalah Union Special 43200G.

Contoh chainstitch di hem

Contoh chainstitch di hem

Cotton/Katun

Merupakan bahan dasar bermacam-macam bahan pakaian sejak jaman dahulu dan merupakan salah satu komoditas terbesar di dunia. Fiber yang dihasilkan oleh cotton mulai dari 3/8 inch sampai 2 inch dan semakin panjang fiber yang dihasilkan, semakin mahal dan lux. Beberapa jenis katun yang terkenal akan kualitasnya adalah Pima Cotton dari Peru dan Argentina, Sea Island Cotton, Egyptian Cotton dari Mesir, dan tentunya Zimbabwe Cotton.

Distress / Washed / Pre-washed

Proses untuk membuat jeans memiliki efek sudah dipakai sebelumnya. Bisa berupa bentuk-bentuk lobang kecil, robek-robek, atau paling minimum warna garis-garis muda dan efek ‘denim bleed’.

Downsizing

Downsizing jeans rata2 dikarenakan oleh perusahaan yg membuat jeans dalam vanity size (bukan true waist). Tidak ada specific rule untuk downsizing karena setiap orang mempunyai bentuk tubuh yg berbeda. Jika ingin downsize, disarankan untuk tau dulu berapa ukuran true waist anda karena terkadang ukuran jeans di merk lain tidak bisa dijadikan patokan. Downsize sendiri dilakukan orang juga untuk mendapatkan fit yang lebih slim ato lebih skinny. Banyaknya stretch juga harus dipertimbakan dalam downsizing.

Beberapa contoh jeans yang banyak di downsize atau mempunyai vanity sizing:
(Perlu diingat bahwa dibawah ini downsizing yang banyak dilakukan karna downsizing tidak bersifat sama untuk semua orang dan yang dibawah adalah downsizing untuk RAW/Unwashed SANFORIZED jeans)

Dior Homme: ukuran aslinya lebih besar 2 size dari tag. Contohnya dior raw 19cm tag size 29 mempunyai ukuran asli 31.

APC: Sama seperti dior homme, 2 size lebih besar dari tag.

Nudie: Kebanyakan orang sizedown 1 atau 2 dalam nudie. Contohnya untuk Thin Finn, banyak orang ingin mendapatkan skinny fit dengan turun 2 size dari ukurang pinggang sebenarnya.

Yang paling penting dalam downsizing adalah tau ukuran asli pinggang kita (actual waist size) dan size jeans tersebut, selalu cari size chart agar kita tau berapa size kita harus turun. Sebab mengambil contoh diatas, banyak orang downsize lebih dari 2 size dan masih bisa mendapatkan fit yang bagus.

Hem

Bagian dimana 2 potongan bahan menjadi satu. Ada lagi istilah hemmed, biasanya digunakan ketika kita ingin memotong jeans kita ke panjang yang diinginkan. contoh: “wah ini enaknya jeans gw di hem sampe segimana ya? 32/31?”

Honeycomb / Whiskers

Efek yang didapatkan ketika bahan denim yang keras terlipat di bagian tertentu seperti bagian belakang lutut dan paha bagian atas. lipatan-lipatan ini akan membentuk seperti sebuah pattern.

Indigo

Salah satu jenis pewarna yang paling tua di dunia ini yang bisa dilacak dari 10 tahun sebelum masehi dan masih digunakan sampai saat ini. Awalnya merupakan jenis pewarna yang dapat diekstrak dari tanaman indigofera, tetapi pada akhir abad 19, Adolf von Baeyer melakukan riset untuk membuat jenis pewarna yang sama yang dapat dicapai melalui proses sintesis kimiawi. Tidak ada perbedaan yang signifikan dari kedua jenis natural dan sintesis ini, bahkan ahli indigo pun tidak dapat melihat perbedaannya.

indigofera

 

One-wash

Istilah yang pada umumnya dipakai untuk jeans unsanforized yang sudah di rendam sekali di air (liat juga: soak) untuk menghilangkan penyusutan.

Overdye

Overdye adalah kegiatan mewarnai suatu bahan yang sudah jadi. Sebagai contoh, sebuah bahan denim sudah ditenun, kemudian dibawa ke bagian pencelupan untuk dicelup dengan warna lain. Biasanya overdyeing dilakukan untuk mendapatkan warna yang tidak bisa didapat dengan yarn dyeing selain juga memberikan karakter warna yang berbeda dan unik.

Oksidasi

Suatu proses kimiawi dimana sebuah senyawa bertemu dan bersenyawa dengan oksigen. Pada pewarnaan indigo, warna biru khas indigo akan muncul ketika bahan yang sudah dicelup terkena udara yang mengandung oksigen, dimana sebelumnya berwarna kehijauan, akan berubah menjadi biru setelah teroksidasi.

Ring Spun Yarn vs Open End Yarn

Open end yarn adalah yarn yang dihasilkan pada proses pemintalan benang tanpa menggunakan mesin pintal konvensional. Open end yarn pada dasarnya menggunakan prinsip gaya centrifugal untuk memilin benang. Sementara Ring Spun yarn adalah yarn yang dihasilkan oleh sebuah mesin pintal konvensional dimana fiber diputar dan dipilin sampai terbentuk sebuah benang. Ring spun yarn lebih diminati para denim purist karena karakter yarn yang dibentuk cenderung irregular dan lebih kuat dibanding open end. Biasanya ring spun yarn juga memberikan karakter dan tekstur yang lebih menarik ketika nantinya ditenun menjadi bahan denim. Saat ini yarn yang lebih dominan dan komersial adalah open end karena lebih hemat ongkos produksi.

Open End vs Ring Spun

Ring Spun

Raw

Raw/Dry denim adalah bahan denim yang belum mendapatkan post-treatment, dalam hal ini yaitu denim yang baru selesai dibuat langsung dijual. Hal yang dapat dilihat untuk membedakan bahan “raw” dengan yg tidak adalah bahan raw cenderung keras dan warnanya lebih gelap. Biasanya setiap vendor jeans akan memberikan info lebih lanjut mengenai raw atau tidaknya produk mereka.

Uniknya raw/dry denim adalah memudarnya warna dyenya seiring dengan frekuensi pemakain. Dan efek pemudaran natural inilah yang menjadi daya tarik bagi para denim afficianado. Lain dengan denim yg prewashed dimana efek memudarnya telah dibuat secara artificial dengan mesin2 dan bahan2 kimia, raw denim akan membentuk efek pemudarannya sesuai dengan bentuk tubuh dan aktivitas si pemakai. Untuk memfasilitasi proses ini, biasanya raw denim jarang dicuci (pada umumnya setelah 6 bulan pemakaian effektif  baru dicuci).

Rivets

Sebuah benda kecil berbentuk bundar yang dipasang di daerah seperti pinggiran kantong, sebagai penambah kekuatan (supaya tidak cepat copot). Biasanya terbuat dari tembaga. Levis pertama kali memperkenalkan Hidden Rivets di kantong belakang, karena sebelumnya rivets di kantong belakang dianggap menggangu karena merusak sofa yang biasa diduduki dan juga saddle pada saat berkuda.

hidden rivets

hidden rivets

Rope Dyeing

Teknik pewarnaan dimana ratusan benang dipilin bersama sehingga membentuk seperti tali (rope), lalu direndam di suatu kolam pewarna, setelah itu diangkat dan dioksidasi. Proses ini dilakukan beberapa kali sampai warna yang diinginkan tercapai. Salah satu keuntungan teknik ini adalah bagian permukaan benang memiliki warna yg lebih gelap dibanding bagian dalamnya, sehingga menimbulkan efek fading seperti vintage denim.

Sanforisation

Proses yang sudah dipatenkan, bertujuan untuk menyusutkan bahan denim sebelum dibuat menjadi jeans. Baca bagian shrinking untuk info lebih lanjut. Bacaan lebih lanjut: http://www.sanforized.biz/e_what.htm

Selvedge / Selvage

Istilah yang digunakan untuk denim yang membentuk edge-nya sendiri (self-edge), karena pada shuttle loom, rajutan denim dapat diselesaikan oleh loom itu sendiri, beda dengan denim yg dihasilkan dengan projectile loom, harus dipotong dan dijahit untuk menyelesaikan fabric-nya. Umumnya shuttle loom membutuhkan lebih banyak bahan untuk menyelesaikan fabric sehingga komposisi cotton yang digunakan lebih banyak, menjadikan bahan selvage denim lebih superior dari denim biasa.

selvedge

Berikut quote dari bung Yogo

Ok pertama-tama gue mulai dari pronunciation Selvage atau Selvedge adalah sama.

Selvedge adalah untaian atau uliran pinggir yg paralel. tujuan dari pembuatan selvedge untuk menghindari kain yg sudah di tenun agar tidak dedel atau tenunnannya tidak terlepas. Untuk itu setiap pinggirnya akan di woven.

Untuk industri besar terutama bagi mills yg sudah mengunakan Big Loom atau machinery loom akan tidak dapat memproduksi selvedge line.

Biasanya mesin tenun tua dari tahun perakitan 1890-1930 masin tenunnya masih bisa membuat selvedge line.

Ok, kenapa selvedge kok warnanya beda?
Begini, di setiap denim mills terutama yg memproduksi sekala besar mereka akan membuat Color Band atau Color code untuk membedakan satu jenis fabric dengan lainnya. Maka dari itu kalo elo liat Selvedge line ada yg merah, ungu, biru, hijau dll.

Originally Levis selalu memakai Red Selvedge karen itu trade mark mereka. Kalo Samurai ada kawat silver linenya.

Kenapa Denim yg memiliki selvedge sangat Special?
Pertama, penampilan yg keren dan cool, terutama saat elo cuff your jeans up. Kedua, denim ini sangat jarang alias rare dan special karena di buat oleh mesin tenun yg sudah berumur sangat tua. Yang ketiga, orang menilai fabric ini sangat Authentic, original dan vintage look serta memiliki karakter vintege look yg sangat kuat dari pada non selvedge denim.

Namun di dunie perindustrian yg sudah maju saat ini, sudah banyak denim mills yg dapat juga membuat selvedge denim dengan baik serta kekuatan yg sama seperti mesin tenun tua.

beberapa negara seperti China, Thailand, India sudah mampu membuat selvedge line dengan sangat baik.

Namun again nilai otentik dan originalitas akan lebih baik.

Di manakan selvedge itu berasal?
Orang masih banyak punya asumsi yg salah tentang asal selvedge line. Gue coba bikin summary yg jelas dan pendek.

Selvedge line itu berasal dari Amerika or USA tahun 1800an. Awalnya orang2 Amerika memperkenalkan metode ini karena dulu belum ada mesin Obras. Oleh karena itu mereka menutup pinggir fabric supaya hasil tenunnya tidak dedel or lepas.

Di era penrindustrian yg di mulai 1930s, di mana pabrik2 denim di Amerika mulai memakai mesin loom yg otomatis alias yg lebih maju.

Nah orang2 jepang saat itu mulai membeli beberapa mesin dr USA, dan sampai sekarang masih di lestarikan di Jepang terutama di desa Okaya atau Rampuya dan mesin loom itu sudah puluhan tahun masih di pakai.

Nah hasil produksi dari old loom itu hanya bisa menghasilkan lebar denim 70-80 cm saja karena jaman dulu tidak bisa bikin denim lebar2

Soak

Seperti dari namanya, kegiatan untuk merendam jeans. Biasanya dilakukan di bathtub atau ember. Kegiatan ini dilakukan untuk menyusutkan denim ataupun sekedar mencuci denim. Pada teorinya, semakin panas air yang digunakan, denim akan lebih banyak menyusut.

Starch

Biasanya digunakan untuk membuat jeans menjadi lebih keras dan stiff. Semakin keras dan stiff, sepertinya semakin mudah untuk membuat crease dan honeycombs yang lebih kontras.

Shrinking denim

Mengapa kita butuh menyusutkan denim? Karena bahan dasar jeans pada umumnya terbuat dari bahan katun seperti bahan pakaian lain pada umumnya. Katun diredam air tentu saja akan menyusut dan akan membesar lagi jika direnggangkan.

Melalui proses sanforisation, penyusutan daripada jeans ini diminimalkan sampai dengan kira-kira 1%. Oleh karena itu untuk jeans yang udah di-sanforize, pada umumnya penyusutan tidak dibutuhkan lagi.

Akan tetapi pada jeans yang belum di sanforized (dikenal dengan sebutan: unsaforized denim) penyusutan masih bisa terjadi sehingga merubah ukuran jeans dengan signifikan. Oleh karena itu jeans yang belum di sanforized pada umumnya direndam dahulu sebelum dipakai. Perkiraan akan penyusutannya tidak bisa dibuat karena tiap jeans menyusut berbeda-beda tergantung bahan, temperatur, lamanya direndam di air dan faktor-faktor lain. Kami sarankan untuk membaca label atau menanyakan kepada expert local sebelum membeli jeans jenis ini untuk mendapakan ‘fit’ yang diinginkan.

Sizing Chart Guide

Berikut ini link yg dapat menjelaskan anda beberapa bagian pada denim yg biasa dijadikan patokan dalam ukuran jeans tersebut. Blue In Green Soho

More Useful Links

From Oki-ni FAQs:

  • DozingGreen

    nice inpo gan

    lengkap dah

  • macmed

    akhirnya ada juga..
    dan pake bahasa Indonesia..bener2 Denim Nusantara..
    sangat membantu ini

  • Aaron

    mantep banget rez! keep on going man!

  • wahyutimothy

    keren rez..hehehe, keep it up..FAQ kalogasalah artinya Frequent Ask Questions kan?hehe

  • akamimi

    mangstap …. keep posting gan!

  • Pren

    Gan, tambahin dong penjelasan soal “RINSE”, ini gw msh agak2 kurang jelas nih… Thx

  • ardt

    mantep bung direz.. di DH page 1 kasi link ke sini aja sob..

  • Arya

    wah blog nya makin mantep nih.. sederhana tapi padat makna.. good job from drz

  • fitro

    mantaaaf ni blog
    salute to bung Direz a.k.a Begozman

  • mantap banget nih!
    akhirnya ada FAQ tentang jeans
    thx to owner of this web!!
    great JOB!

  • morellogames

    mantabh deh ini!!!..
    good job mate..

  • fatt12

    bro,jadi kalo gw size down 2 utk tfds masuk kan bos?melar parah ya bro?
    thanks

  • cranck

    bro nanya donk:
    1. klo di sizechart suka ada atribut ‘rise’ itu tuh maksudnya di bagian mana ya?? trus front rise, back rise tuh di bagian mana ya?? klo hip juga dimana ya??
    2. trus yg namanya chainstich tuh klo yg digambar diatas tuh yg pas di leg openingnya bukan??

    mohon pencerahan bro.thanx

  • akamimi
  • jckss

    nice info gan 🙂

  • gamu

    kalo od jeans mksdnya apa?

  • can

    Mantap bgt bro infonya.. 🙂
    Thanks berat..

    Ohh iya, kalo mau beli bahan denim, trus sama bikinnya, kira2 yg bagus dan murah meriah dmana ya bro..?

  • nawhi

    bro mau nanya dong , ane rencana mau beli nudie slim jim nih, lingkar pinggang ane 88cm true size 34 berarti ya ? kalo misal turun size pinggang ke 32 masih cukup ga ya ? takut kekecilan nih. mohon bantuannya. thanks

  • Pingback: Tweets that mention FAQ « Darahkubiru -- Topsy.com()

  • coke

    bro proses Starch tuh digimanain sih??
    itu proses ato emang jenis bahan??

  • rabithabit

    LENGKAP BANGET !!
    all thumbs up

  • cola

    sama kyk coke, proses Strach gimana sih? gw baca diluar musti pake spray khusus gt. Dijual di sini gak?

  • siksakubapa

    akhirnya ngerti juga tentang denim.
    nyari yg indonesian susah.baru ketmu dimari

  • ane lagi kesengsem ama denim nih. 6 bulan yang lalu coba bikin custom selvage dan hasilnya memuaskan walaupun agak gombrang, jadi efek efek lekukannya kurang maksimal (belum ane cuci dan soak-eh tapi bakal ngaruh ga sih?).
    kemaren ane mesen custom lagi, raw stretch gitu (ane lupa oz oz-annya) dan ngikutin contoh (pet*rsays). begitu dipake di ane, keliatan kayak cewe banget gan apa kekecilan atau emang ane ga cocok yang rada skinny? soalnya emang paha ane rada gede sih. mohon bimbingannya ya sepuh sepuh

    maap newbie gan

  • d.arvian

    akhirnya dapet juga yang gua cari cari…maju terus perdeniman indonesia 🙂

  • yihaa

    kalo mengenai jenis2 spt slim fit/slim straight/slim tappered itu nyari info nya dimana ya?

  • yihaa

    maksudnya pengertian2 jenis denim tersebut

    thx

  • mantap infonya nih. ada yang pengen saya tanya, sering kali saya kecewa dengan hasil vermak jeans saya. misalnya mengecilkan ukuran jeans atau memotong panjang jeans. fokus saya di hasil jahitannya yang terlalu rapih sehingga nampak betul hasil vermak nya (jadi nilai minus). mungkin ga ya hasil jahitan vermak jeans dibuat mirip dengan aslinya? mudah-mudahan paham dengan yang saya maksud.
    Terima kasih.

  • buz

    dear darahkubiru,
    saya buz, reporter dari VoiceMagz, sebuah freemagz dari Surabaya.
    Saya minta ijin untuk menyadur beberapa artikel dari web anda.
    nantinya, akan saya tulis juga di artikel bahwa source dari http://www.darahkubiru.com

    terima kasih.

  • kaka

    ada yang tau ngga kalo yang jual RED WING DI indonesia…..
    yang ori

  • sili

    mau nanya pak, kalo levi’s strauss denimnya , bagusan d cuci sebelum pakai / pakai dulu dalam waktu lama sampai fading keliatan ?

  • Andr

    Mau nanya bro,jenas yg kita soak masih bisa ngebreak ga warnsnya?

  • baru tau nih web bahas ttg jeans denim, salam kenal 🙂

  • buat mas deni : gak mungkin bisa sama mas, jahitan permak dengan jahitan asli.
    dari warna benang juga beda 🙂

  • SNY

    Buat para suhu, mohon pencerahannya. saya berencana membuat usaha denim dengan kualitas premium, mungkin ada yg bisa memberikan pencerahan apa saja kira2 yang diperlukan. maklum saya baru akan bergerak di bidang ini. bisa email saya di mastermuseum@gmail.com

  • YCH

    Suhu, ane bingung banget ni.. Ane dikasih jeans, labelnya tulisan momotaro japan blue warnanya agak putih gitu kyk momotaro copper label, trus kancingnya tulisan blue, sama didalem kantong ada tulisan japan blue warna merah bulet.. Celananya mirip banget sama momotaro er007-2b tapi bukan.. Tolong donk mungkin ada yg tau itu tipe yg mana, atau mungkin brg palsu..

  • Pingback: DRY BAG DENIM || Masternya Tas Ransel dan Slempang | Expert in Style | Forum Jual Beli Nomor Satu()

  • senang rasanya ada web yang membahas “tentang Jeans” secara detail dan tersetruktur.
    terimakasih darahku biru 🙂

    salam kenal dari pengusaha Grosir Jeans

  • Pingback: Karen Kain Quotes - Fashion dan Belanja Jadi Satu()

  • Dwi Nur Ratnaningsih

    Selamat Sore,
    Prekenalkan saya Dwi dari redaksi Koran Sindo desk Lifestyle.
    Dengan ini saya ingin mengajukan permohonan Peliputan Komunitas Denim Online ( Darah Biru ) untuk Tabloid Komunitas yang terbit satu bulan sekali dari Koran Sindo. Mohon kesediaan dan konfirmasinya. Terima kasih banyak.

    Salam
    Dwi

    Dwi Nur Ratnaningsih
    Lifestyle Division
    Mobile Phone 085728227602

  • Pingback: Karen Kain Clothing - Fashion dan Belanja Jadi Satu()

  • eki razaki

    hai darahku biru