Featured, Headline, News

Oldblue Co. x Wesco: The Pacemaker Boots

May 28, 2019

Sebuah ulasan dari produk kolaborasi brand denim ternama tanah air beserta salah satu shoemaker kelas dunia; dengan lebih dari 100 tahun pengalaman — oleh Satria M. Purnama


Teringat hampir dua bulan lalu, ketika saya mengunjungi acara Oldblue Royal Rumble vol. III – The Unveiling dan disana saya melihat satu pasang sepatu yang cukup menyita perhatian. Sampai-sampai ada sebuah penanda bahwa boots ini tidak boleh dipegang -dan jujur, saya membacanya setelah saya sendiri memegang dan melihat-lihatnya-, terletak di tengah meja besar yang juga berada di tengah ruangan acara. Saya sempat berasumsi sepatu ini adalah salah satu hadiah yang akan diberikan untuk pemenang edisi ketiga kontes denim yang akan diadakan.

Rupanya, asumsi saya kurang tepat. Sepatu ini merupakan salah satu produk kolaborasi antara Oldblue Co. dengan Wesco Boots, yang sudah memulai shoemaking sejak 1918 atau tepat satu abad pada tahun 2018 lalu. Momen acara The Unveiling kemarin merupakan momen yang dimanfaatkan untuk mengumumkan kolaborasi ini.

Boots berpenampilan garang dengan nuansa Western Americana ini bertitel: The Pacemaker Boots.

Tentu sebuah kebanggaan tersendiri bagi Oldblue Co. sebagai brand tanah air yang masih sangat belia, jika dibandingkan dengan Wesco sendiri, untuk mendapatkan kesempatan dan kepercayaan dalam melakukan kolaborasi yang lantas melahirkan produk spesial ini. Dengan ide awal dari Wesco’s Packer Boots, detil one-of-a-kind yang akan kita ketahui saat pertama kali meliriknya adalah perpaduan warna upper yang cukup kontras namun tetap terlihat serasi. Perbedaan bukan hanya dari warna, tetapi dari bahan asal kulit yang digunakan pula, yaitu kulit sapi (cow hide) yang ditempatkan pada tonguevamps, dan heel counter dengan kulit kuda (horse hide) berwarna burgundy pada bagian quarters  dan backstays. Jahitan signature  kelas berat pun diaplikasikan pada counters  sebagai ajang show-off  dari sang pembuat sepatu.

Boots dari Wesco yang identik dengan nuansa rugged ini pula memiliki tinggi sekitar 8″ yang sudah cukup mengakomodir dan melindungi kaki dengan aman. Last yang digunakan pun cukup tebal jika dilihat dari samping, namun tetap terlihat cukup ramping ketika dilihat dari atas (dan itu sangat cantik menurut saya). Model heels  yang digunakan terinspirasi dari Logger Style   yang cukup mirip dengan Cuban’s Heels. Perangkat keras yang lumrah digunakan pada lubang tali sepatu memilih material brass yang juga disokong dengan penggunaan hooks berbahan identik. Tali sepatu berbahan raw hides  saya yakini dipilih untuk ketahanan maksimal. Kiltie tongue   juga tersedia untuk sedikit looks game agar tidak terlihat monoton.

Di bagian bawah, saya terkesan dengan penggunaan single layer midsole  tetapi pada bagian outsolenya cukup tebal sehingga secara keseluruhan tampilan tetap terlihat ramping. Tapered midsole look, jika saya menggunakan istilah sendiri. Perlu disoroti juga penggunaan Two-row Stitchdown Construction yang akan sangat cocok secara fungsi -sebagaimana kita ketahui ketahanannya terhadap gangguan eksternal- dan tampilan yang semakin menegaskan kesan rugged pada boots ini. Vibram Sole #705 adalah amunisi terakhir melapisi bagian bawah sepatu untuk meyakinkan daya cengkram maksimal terhadap segala medan.

Tak lupa pula, akan dapat kita jumpai label Oldblue X Wesco di (mungkin) bagian dalam dari sepatu. Satu hal yang mungkin agak disayangkan adalah tidak adanya penggunaan lining  pada bagian dalam upper  yang biasanya diaplikasikan dengan tujuan menambah kenyamanan saat sepatu digunakan. Namun, saya yakin absennya lining   ini juga mempunyai alasan yang sudah diperhitungkan. Salah satunya adalah untuk mengurangi ketebalan di bagian upper   guna mempercepat proses break-in.

Untuk para penggila detil, berikut adalah spesifikasi lengkap dari The Pacemaker Boots:

  • Wesco Packer Based Boots
  • 8″ Height
  • Western Toe Last
  • Two Tone Colorway
  • Quarters & Backstays – Burgundy Horse Hide
  • Gusset Tongues, Vamps, & Counters – British Tan Cow Hide
  • No Lining
  • #705 Vibram Sole
  • Logger Heel Style
  • Brown Dye Soles and Heel
  • Brass Hooks & Eyelets
  • Rawhide Laces
  • Signature Heavy Stitch on Counters
  • Oldblue X Wesco Woven Label

Kabar baik, saat ini The Pacemaker Boots sudah siap untuk dipesan melalui mekanisme pre-order   dalam periode yang terbatas, yaitu hanya sampai akhir bulan ini! Silakan bermain ke laman Instagram dari Oldblue Co. untuk proses lebih lanjut.


Akhir kata, kolaborasi ini sekali lagi menegaskan posisi Oldblue Co. sebagai salah satu brand  denim terdepan tanah air yang mampu membuat Wesco Boots menaruh kepercayaannya. Boots ini pula adalah sebuah pengejawantahan total dari rugged work boots dengan nuansa Americana.

You Might Also Like