Featured, Headline, Styling Guide

Point of View: Basic Versatility Guide for Leather Footwear

April 20, 2019

Secarik laman berisikan sudut pandang untuk mulai masuk ke dunia leather shoes/boots, dengan fungsi serbaguna — oleh Satria M. Purnama

Sebagai forum, Darahkubiru yang berakar dari denim and jeans mempunyai hubungan yang sangat erat dengan leather shoes and boots. Pun, dengan mayoritas “penghuni” lelaki usia (menjelang) dewasa, sering sekali saya membaca pertanyaan di sub-forum yang bertanya tentang model sepatu apa yang harus dimiliki pertama kali dan akan cocok digunakan di berbagai macam acara. Terlintas dalam benak saya ‘mengapa tidak saya berbagi sedikit sudut pandang’ mengenai model sepatu yang menurut saya cukup versatile dalam kondisi formal, informal, bisnis, maupun casual.

Pemaparan ini akan bersifat cukup subjektif. If you guys have anything to discuss/debate, please don’t hesitate!

Menentukan versatility level menurut saya sangat berkaitan erat pula dengan formality level. Perlu diketahui beberapa aturan tidak tertulis yang cukup dikenal oleh para men’s style enthusiast  dan shoe aficionado.

Model

Terdapat dua model yang umum digunakan, yaitu model low cut (lumrah disebut shoes) dan high cut (boots). Model pertama dinilai lebih memiliki nilai formal dari model yang terakhir disebutkan.

Lacing Style

Secara garis besar terbagi menjadi dua kelompok besar dalam sepatu bertali untuk pria, yaitu model Oxford dan Derby.  Dan untuk bab ini, model Oxford dinilai memiliki formality level yang lebih tinggi dibanding Derby. Adapun laceless shoes/boots pada umumnya dianggap memiliki tingkat yang sejajar dengan Derby.

Pattern

Leather shoes/boots pada umumnya akan dinilai semakin formal apabila memiliki lebih sedikit dekorasi pada upper yang digunakan.

Detil lain yang mungkin bisa kita pertimbangkan dalam menentukan formality level adalah konstruksi, jenis kulit upper, hardware  pada lubang tali (eyelets)dan juga outsole.

Lalu bicara tentang versatility level, menurut saya sangat bergantung pada preferensi dan selera pribadi yang bisa dilakukan dengan memadukan berbagai macam detil yang sudah disebutkan di atas. Apakah itu shoes dengan pattern polos, boots dengan hidden eyelets, dan kemungkinan tak terbatas lainnya.

Dari berbagai kombinasi yang tersedia, berikut beberapa jenis shoes/boots yang menurut saya memiliki versatility level cukup tinggi.

  • Long Wing Shoes

Sagara Longwing Shoes. Photo by Satria Purnama.

Pilihan teratas jatuh pada Long Wing Shoes karena upper pattern-nya yang bisa dikatakan cukup playful dan kesan rugged yang menempel pada pattern ini (coba lihat gunboat shoes). Model low cut sedikit dapat mengakomodasi formality level yang dibutuhkan untuk dipakai pada acara-acara yang cukup serius.

  • Penny / Tasseled Loafers

Alden Tassel Loafers in Shell Cordovan. Photo courtesy of Brogue Gentleman’s Shop.

Kedua jenis loafers ini akan menjadi andalan untuk dipakai dalam berbagai acara. Low cut modelnya sangat cocok untuk digunakan dalam kondisi formal. Kesan sedikit santai akan didapat dari kedua jenis ini dari karakter laceless-nya. Dipastikan sangat cocok juga jika dipadukan dengan chino pants atau jeans sekali pun.

Alden Penny Loafers in Shell Cordovan. Photo courtesy of Gentlemens Footwear.

  • Derby Boots (tanpa pola di Heel Counter)

Viberg Derby Boot. Photo courtesy of Heddels.

Model boots yang seringkali identik dengan sepatu rugged dapat dibuat sedikit lebih formal dengan mengurangi dekorasi pada upper-nya. Dan derby boots tanpa pattern pada heel counter akan terlihat sleek namun juga tetap cocok dipadukan dengan setelan casual.

Sebagai catatan tambahan, akan sangat aman untuk memulai koleksi shoes/boots dengan memilih nuansa warna coklat pada upper-nya, karena warna ini sangat fleksibel dipadukan dengan berbagai warna celana dan juga tidak sekaku warna hitam yang memiliki kesan bold dan formal.

Akhir kata, saya ingin juga menyampaikan bahwa sebenarnya agak sulit (secara ideal) untuk bisa mempunyai satu sepatu yang bisa masuk ke semua acara. Tetapi, karena Indonesia dengan berbagai keragamannya tidak sebegitu ketat dalam mengatur hal mengenai dress code (atau lebih tepatnya shoe code), maka pilihan-pilihan di atas mungkin dapat dijadikan sebagai referensi awal untuk shoes/boots yang cocok digunakan ke semua kesempatan.

Dan sebenarnya, masih banyak lagi jenis shoes/boots  yang cukup versatile  selain dari yang sudah disebutkan di atas. Silakan lakukan riset kecil-kecilan sebelum memutuskan jenis apa yang akan menjadi andalan. Selamat bereksplorasi!

You Might Also Like