Featured, Reviews, Sponsored

Akaime A510xx

December 19, 2012

Kali ini kita mendapat kesempatan untuk mereview sebuah jeans dari salah satu brand lokal yang mencut namanya dengan menghadirkan jeans-jeans yang terinspirasi langsung dari jeans jepang, Akaime. Untuk review pertama dari beberapa seri review Akaime, kita akan menghadirkan A510xx yang tampaknya diposisikan sebagai standard model dari Akaime yang telah melalui proses rebrandingnya.

 

First Glance: Standard Model for Everyone

Pandangan pertama kami pada model A510xx ini adalah sebuah jeans standar made to appeal everyone in the market. Sebuah jeans yang cukup simple namun tetap mengedepankan kualitas, desain dan konstruksi yang mumpuni. Jeans ini tampaknya hadir dengan cutting yang cukup trendi yaitu slim-straight cut yang memang tampaknya sedang menguasai pasaran akhir-akhir ini.

Akaime A510xx
Akaime A510xx

Fabrics

Hadir dengan bahan Jepang merupakan salah satu ciri khas Akaime dan A510xx terbuat dari bahan 14oz red line selvage sanforized denim yang didatangkan dari Okayama, Jepang. Bahan ini sudah melalui proses sanforized berarti hanya akan mengalami sedikit penyusutan atau bahkan tidak sama sekali ketika dicuci. Cocok bagi para pecinta denim yang tidak ingin repot melalui proses initial soaking terlebih dahulu. Bahan yang ditawarkan oleh produk ini terlihat cukup baik, hampir sama dengan kebanyakan selvage denim di pasaran namun tetap dengan tekstur dan feel khas selvage denim berkualitas.

14oz red line selvage A510xx
14oz red line selvage A510xx
Backpocket A510xx
Backpocket A510xx

Detail dan Konstruksi

Untuk masalah detail, Akaime bisa dibilang salah satu yang paling mendekati konstruksi dan detail jeans Jepang. Untuk model A510xx ini, tidak terlalu banyak detail nyeleneh yang bisa ditemukan, mungkin karena memang filosofi KISS yang diajukan oleh Akaime yang baru dilekatkan pada produk ini. Kita tetap bisa melihat detail standar seperti peek-a-boo selvage, washer-burr rivets dan juga white tab di backpocket. Salah satu yang mungkin menarik perhatian kami adalah perubahan bentuk arc yang lebih sedap dipandang dari sebelumnya, ditambah dengan penggunaan benang yang agak stealth.

Button fly A510xx
Button fly A510xx

Konstruksi pada jeans ini terlihat rapi dan kokoh. Akaime menyatakan bahwa jeans ini dibuat dengan menggunakan 3 buah benang yang berbeda warna dan berbeda ukuran. Benang yang digunakan di arc adalah benang katun 100% yang akan ikut memudar sebagaimana jeans ini memudar, detail kecil yang menarik. Seperti biasa, Akaime menggunakan veg tan leather patch yang cukup tebal dan diemboss.

Rivets A510xx
Rivets A510xx
Leather Patch A510xx
Leather Patch A510xx

What We Like

Kami suka filosofi KISS yang ditawarkan oleh Akaime dengan membuat sebuah produk yang tidak banyak gimmick namun tetap mengedepankan kualitas. Sentuhan kecil seperti benang katun di bagian arc dan juga indigo chambray sebagai pocket lining juga menarik perhatian kami.

Chambray pocket lining A510xx
Chambray pocket lining A510xx

Improvements

Beberapa hal yang mungkin bisa dipertimbangkan ke depannya adalah pemilihan hardware yang lebih baik. Penggunaan rivets sudah baik dengan solid copper rivets, namun kami kurang menyukai pemilihan button fly yang terkesan lebih murah dibanding hardware lainnya. Selain itu, bahan yang digunakan mungkin bisa ditingkatkan lagi dengan pemilihan bahan yang lebih menarik namun tetap appealing ke pasar.

Lihat lebih lanjut dan diskusikan Akaime Denim di forum

You Might Also Like