Denim Related, Featured

Buyer’s Guide – #1: Cut

July 23, 2012

Berbicara tentang jeans tidak akan lepas dengan yang namanya cutting. Jeans-jeans yang beredar di pasar saat ini memiliki banyak sekali tipe cutting, mulai dari skin tight jeans sampai ke oversized baggy jeans. Cutting juga merupakan salah satu faktor yang menentukan bagi para calon pembeli jeans untuk memilih jeans apa yang akan dibelinya pada kesempatan selanjutnya. Kami akan mencoba mengupas masalah cutting pada jeans pada bagian pertama edisi Buyer’s Guide.

Jenis-Jenis Cutting

Untuk mengakomodasi bentuk tubuh manusia yang bermacam-macam, maka pakaian dibuat dengan cut yang dianggap melengkapi dan sesuai untuk macam-macam tipe tubuh tersebut. Sama halnya dengan jeans, dalam hal ini jeans dibuat dengan berbagai macam potongan untuk mengakomodasi bentuk kaki manusia yang berbeda-beda. Berikut kami sajikan beberapa cutting jeans yang lumrah dan sering kita jumpai di pasaran.

Skinny Cut

Jenis cutting yang satu ini sesuai dengan namanya, mengakomodasi tipe kaki yang kurus. Cutting jenis ini memiliki siluet kaki yang sangat kecil dan biasanya jika dipakai akan menimbulkan kesan celana ketat yang menempel mengikuti bentuk kaki anda. Cutting jenis ini sebaiknya dihindari oleh para pemilik bentuk kaki yang sintal atau memiliki paha yang terlihat besar. Selain membuat kaki anda terlihat makin besar, celana jeans ketat yang dipakai oleh pemilik bentuk kaki sintal juga memberikan kesan tidak nyaman.

Salah satu jeans yang paling populer dengan skinny cut-nya adalah Nudie Thin Finn, Nudie Tight Long John, Cheap Monday Tight dan Levi’s 511. Beberapa jeans slim tappered juga bisa dijadikan jeans yang tergolong skinny, biasanya lumrah dilakukan downsize 1 untuk mendapatkan efek skinny pada jeans slim tappered seperti PBJ xx-011, Flat Head F310, dan Iron Heart 301s sebagai contoh.

ki-ka: Pure Blue Japan xx-011, Cheap Monday Tight, Nudie Tight Long John

Slim Cut

Slim cut merupakan jenis cutting yang mendukung para pemilik tipe badan yang slim, khususnya kaki yang slim namun tidak kelewat kurus. Biasanya slim cut memiliki ukuran yang lebih loose di bagian paha dan kaki dibandingkan skinny cut. Jika skinny cut jelas membuat celananya menempel dan mengikuti bentuk kaki, maka slim cut tidak. Slim cut dianggap sebagai cutting jeans paling modern dan kontemporer, mungkin karena celana ini lebih versatile dan lebih bisa dipakai banyak orang dan terlebih celana ini dapat membuat proporsi badan anda lebih bagus ketimbang misalnya baggy cut.

Slim cut juga memiliki beberapa varian, yang paling dikenal seperti slim tappered dan juga slim straight. Varian slim tappered lebih mengarah pada cut yang jauh lebih tight dibanding saudaranya. Pada jeans slim tappered, bagian bawah kaki mengalami tappering atau pengecilan yang biasanya terjadi di bagian leg opening dan knee. Jika dipakai dengan downsize, maka jeans slim tappered akan terlihat menyerupai jeans dengan potongan skinny.

Jeans yang terkenal dengan slim cut-nya adalah Flat Head F310, Flat Head 3001, Iron Heart Beatle Buster, Iron Heart Devil’s Cut 666s, APC New Standard dan Imperial Duke sebagai contoh. Jeans ini merupakan jeans yang cukup versatile dan bisa dipakai banyak orang, namun tetap pecinta denim dengan paha yang besar disarankan untuk menghindari jeans semacam ini, atau bisa mengakalinya dengan melakukan upsize.

ki-ka: APC New Standard, Flat Head 3001, Iron Heart 666s

Straight Cut

Jenis jeans ini adalah salah satu potongan jeans yang paling lama beredar di dunia, mungkin bisa ditilik dari jaman pertama kali Levi’s mengeluarkan jeans di periode Turn of The Century. Sesuai namanya, cutting ini merupakan cutting paling tradisional dan memiliki tampilan sebagai celana lurus pada umumnya. Tentu saja jenis celana ini memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan kedua cut sebelumnya, biasanya bisa kita lihat dari tampilan bagian paha yang lebih roomy dan leg opening yang lebih lebar.

Straight cut juga mempunyai beberapa varian cutting seperti sebut saja Regular Straight, Loose Straight, Straight Tappered dan lain sebagainya. Kesan yang ditampilkan oleh jeans dengan cutting straight adalah sebuah celana yang lebih santai dan lebih terlihat klasik dibanding kedua cut sebelumnya. Straight cut akan sangat cocok untuk para pemilik kaki yang besar karena akan membuat pemiliknya terlihat lebih nyaman dengan cutting yang lebih loose. Potongan semacam ini juga bisa dipakai oleh para pemilik kaki kurus, namun dengan beberapa batasan yaitu memakai size yang tepat dan tidak terlalu besar, karena jika terlalu besar, maka pemilik kaki kurus akan terlihat tenggelam dalam celananya.

Jeans klasik seperti Levi’s 501 dan Lee 101 memiliki produk dengan cutting Straight yang tidak hilang dimakan jaman. Cutting straight juga bisa kita temui pada jeans-jeans repro yang dikeluarkan oleh brand-brand repro seperti Warehouse, Real McCoy’s, Sugarcane dan juga Fullcount.

ki-ka: Sugarcane 1947, Warehouse 700, Levis Vintage Clothing 501 1955

PS: Ikuti terus seri Buyer’s Guide kami yang akan mengedepankan pembahasan faktor-faktor penting bagi para pembeli dalam membeli calon jeans idamannya seperti cutting, bahan, model,  harga, dan lain sebagainya.

You Might Also Like

  • sime

    pertamax !
    cakep rezz !

  • silver google

    mantap. Tapi lama banget nunggu postingan yang baru. Liat chart size flat head ada yang tau ga dimana?

  • syubidubap

    emang ada yg namanya straight tapered? itu mah akal akalan prek doang

  • richiealexander

    @silver google
    size chartnya liat aja di tateandyoko.com / selfedge.com / shop.dc4.de

  • Irham

    thanks infonya. bermanfaat banget