Reviews

45RPM Sorahiko

November 26, 2011

45rpm merupakan salah satu brand apparel dari Jepang favorit kami di darahkubiru. Fokus brand ini adalah menyediakan produk-produk yang menggunakan pewarna indigo baik sintetik dan natural indigo yang sangat apik. Termasuk juga jajaran jeans mereka yang menjadi salah satu daya tarik brand mereka bagi para denim heads. Salah satu jeans mereka yang paling diminati adalah Sorahiko yang memiliki cut straight menjurus ke slim.

Pertama kali dapet jeans ini ceritanya waktu itu gw nyari jeans dengan Straight Cut, agak susah karena size gw yang kecil. Setelah cari sana sini, ketemu juga Sorahiko yang lama (2010). Perlu diketahui Sorahiko ini setiap tahun sizing chartnya berubah – ubah, berikut gambar perbandingan Sorahiko yang lama dengan Sorahiko sekarang (2011)

45RPM Sorahiko

Specification:

– 100% Zimbabwean Cotton
– Indigo Ink Dyed
– Unsanforized 14.5 oz Selvedge Denim
– Button Fly
– Peek-a-boo Selvedge on Coin Pocket
– Hidden Rivets
– Leather Patch

Sorahiko yang baru lebih slim dari bagian Knee sampai Leg Openingnya

Jadi kalau di urutin dari yang paling slim, produk produknya ialah Aihiko < Jomon < Sorahiko

Detail dari jeans 45RPM Sorahiko:

Button Fly

Peek-a-boo Selvedge

offset beltloop

R by 45rpm

leather patch

selvedge

Pertama kali pegang jeans ini tekstur nya unik banget dan fabric nya lebih padat dibandingkan jeans pada umumnya karena ditenun memakai antique shuttle loom. Jeans ini preshrunk, dimana nantinya akan membentuk fit yang nyaman. Karena udah initial soak dan beberapa kali pemakaian, mulai keliatan wrinkles dan terjadi leg twisting. Selvedge nya hampir berada di tengah karena leg twisting, mungkin karena ditenun menggunakan antique shuttle loom sehingga twist banget.

Diliat dari konstruksi back pocket yang letaknya agak berjauhan seperti Lee, asumsi gw jeans ini cocok untuk pengendara motor atau penunggang kuda, back pocket nya juga kecil sehingga memudahkan pemakai untuk mengambil barang di kantong saat berkendara. Front Pocket nya juga roomy, memudahkan saat mengambil barang.

Selain Pocket, detail menarik lainnya yaitu Offset Beltloop. Kalau diperhatikan Offset Beltloop nya memakai fabric yang berbeda dengan jeans ini. Warnanya yang agak Graycast dan wrinkles yang dihasilkan menjadi favorit gw pada jeans ini. Untuk sizing nya, gw saranin downsize 1 atau true size. Gw pakai true size (27), waistnya sedikit longgar namun selebihnya sangat nyaman sekali. Berikut measurement nya:

waist: 27″
front rise: 9.5″
knee: 8.25″
upper thigh: 11″
leg opening: 8″

Overall, dengan detail dan cut yang disajikan ini sangat memenuhi apa yang gw inginkan. Sangat cocok dipakai di Indonesia karena tergolong lightweight denim, sangat nyaman pula karena cut nya relax dan fabricnya yang lemas. Walaupun harganya yang menguras kocek, tapi gw dapat jeans ini dengan harga $116, sangat beruntung mendapatkan vintage details dengan harga segitu. Personally gw kurang suka jeans dengan arc, salah satu nilai tambah buat gw karena memilih jeans ini.

fit 45RPM Sorahiko

Front

Side

 

back

cerita dan review ini dari Ramarama

You Might Also Like