Featured, Reviews

Iron Heart for Indonesia – SEXIHXINDO16

October 14, 2011

Iron Heart bukan nama yang asing bagi para pecinta denim, bukan hanya di Indonesia, bahkan bagi pecinta denim di seluruh dunia. Dengan signature heavy weight denim-nya yang inovatif dan konsep motorcyclist yang diusung oleh Iron Heart, tidaklah aneh juga brand ini mendapatkan perhatian yang besar di dunia denim dan juga tidak heran bahwa brand ini memiliki salah satu pelanggan paling loyal dan fanatik. Pecinta denim di Indonesia mendapatkan kesempatan langka untuk dibuatkan sebuah jeans khusus yang menandakan pengakuan dunia pada komunitas denim di Indonesia yang besar. Dengan kerjasama antara SelfEdge dan Iron Heart serta ide-ide dari pecinta denim di Indonesia, maka lahirlah jeans Iron Heart for Indonesia, SEXIHXINDO16.

Ceritanya sendiri bermula ketika beberapa individu di forum memulai pembahasan akan kemungkinan pembuatan jeans khusus oleh Iron Heart dengan bantuan sang pemilik SelfEdge, Kiya Babzani. Para pecinta Iron Heart pun mendukung gagasan ini dan mulai memikirkan ide-ide yang mantap untuk mendesain jeans tersebut. Sampai akhirnya, karena banyaknya antusiasme para denim geek di Indonesia, diputuskan juga untuk mengadakan kontes untuk jeans ini dan juga rencana-rencana untuk contest party. Setelah beberapa bulan waktu produksi akhirnya jeans ini muncul juga di online shop SelfEdge sebagai salah satu produk pertama yang mengatasnamakan negara. Di deskripsinya, SelfEdge menunjukkan rasa salutnya pada komunitas denim di Indonesia yang dinilai besar dan kuat dan juga berdedikasi pada dunia vintage denim dan american heritage.

Indonesian Division

Works Inc. embro. Sign of Quality

Jeans ini terbuat dari bahan eksklusif untuk SelfEdge yang pernah dipakai pada produk SEXIH07, yaitu 19oz unsanforized denim yang sehabis di soak akan mencapai angka 20-21oz. Bahan ini menghasilkan fading yang cukup kontras dan memiliki tekstur bahan yang lebih slubby, uneven dan mungkin lebih menarik dibanding signature fabric Iron Heart 21oz. Seperti pada bahan Iron Heart lainnya, jeans ini juga menggunakan zimbabwe cotton untuk menjamin kenyamanan pada bahan yang digunakan.

Selvedge Fly

Selvedge

Cutting yang ditawarkan di jeans ini adalah cutting yang menjurus ke slim-straight namun dengan sedikit pengecilan atau tappering di bagian bawah setelah dengkul. Boleh dibilang bahwa cutting jeans ini merupakan penawaran cutting modern slim. Pola cuttingnya sendiri merupakan pola yang benar-benar baru dari Iron Heart sehingga membuat jeans ini bisa dibilang lebih unik dibanding Iron Heart yang lain.

Heavy canvas pocket bag

Coin Pocket

Salah satu desain yang paling menarik adalah detail leather patchnya yang memiliki tulisan “Indonesian Division” pada desainnya, cukup mengekspos Indonesia di dunia denim. Sebenernya pada tahapan awal desain patch, terdapat sebuah desain yang lebih memiliki nuansa Indonesia, yaitu desain dengan gambar barong yang sangat mantap. Namun salah satu teman yang bertanggung jawab dalam mengorganisir jeans ini mengutarakan bahwa ada semacam regulasi dari Iron Heart yang mengharuskan desain leather patch berbau motorcycle culture, karena konsep Iron Heart yang sangat erat dengan kultur sepeda motor, khususnya mungkin Harley Davidson.

Macro texture

Stealth Arc

Hidden rivets

Selain itu detail yang ditawarkan jeans ini merupakan detail yang sangat apik dan khas Iron Heart. Kita bisa lihat penggunaan heavy canvas pocket bag berwarna merah yang mungkin digunakan pertama kalinya untuk jeans ini. Detail-detail khas Iron Heart lainnya yaitu leather patch yang super tebal, penggunaan poly-cotton thread untuk menjamin kekuatan jahitan, selvage pada fly dan crotch, hidden rivets, donut button khas Iron Heart, stealth arc dengan benang berwarna navy dan tentunya seperti sudah dijelaskan di atas bahan denim yang eksklusif.

Fit

Fit

Jeans ini merupakan suatu kebanggaan bagi komunitas denim di Indonesia yang sudah terekspos dan dianggap oleh salah satu produsen jeans ternama di Jepang. Bukan tidak mungkin dalam beberapa tahun ke depan, Indonesia kembali mendapatkan jeans-jeans khusus yang dibuat untuk para pecinta denim di Indonesia. Jeans ini hanya dibuat sekitar 200 pasang untuk menjamin eksklusifitasnya.

NB: Untuk mendapatkan jeans ini, langsung saja join forum dan kunjungi thread ofisialnya dan dapatkan harga spesial dan join kontesnya. Special thanks to Ariel yang sudah bersedia meminjamkan jeans ini pada kami untuk direview, dan Johan Jakatama Saleh untuk foto-fotonya yang selalu reliable.

 

You Might Also Like

  • jojo

    awesome photos are awesome HAHAHA

  • alfred

    mangstap banget neh. ada yang mau beliin buat ane?:D

  • bigmini

    Saatnya menggunakan duit thr dengan bijak nih kyknya..

  • kisut

    manteb banget nih