Featured, Wawancara

Batavia Jeans Studio

February 1, 2011

Dalam beberapa waktu terakhir ini banyak sekali brand-brand jeans lokal yang muncul, namun di tengah menjamurnya brand-brand jeans lokal, ada juga salah satu member forum dan pengusaha muda yang memilih untuk menjalani jalan yang agak berbeda dari brand lokal kebanyakan. Batavia Jeans Studio adalah salah satu penyedia jasa kostumisasi jeans di Jakarta yang menawarkan pembuatan custom jeans mulai dari 0 dengan mengutamakan pada detail dan teknik jahit yang agak berbeda dengan konstruksi jeans pada umumnya, sebut saja continuous fly dan flat felled seam yang merupakan single needle construction. Beberapa saat lalu kami berkesempatan untuk mengunjungi  studionya dan sedikit bercengkerama dengan pemilik sekaligus penjahitnya.

Fiqar memulai usahanya sekitar 2 bulan lalu dengan mengedepankan teknik-teknik konstruksi jeans yang tergolong kuno dan jarang digunakan lagi. Awalnya dia ingin memulai membesarkan brand jeans sendiri seiring dengan meluasnya tren raw denim di Indonesia. Tetapi dia berpikir bahwa dia ingin membuat sesuatu yang lebih, sesuatu yang tidak bisa dia buat jika melempar masalah produksi ke konveksi atau penjahit lain. Karena dia tertarik akan detail-detail unik dari konstruksi jeans yang jarang dipakai seperti continuous fly dan flat felled seam. “Emang dari dulu saya sudah suka kerajinan tangan, jadi sekarang mencoba menjahit ternyata seneng juga”, kata Fiqar tentang alasannya memulai bisnis ini.

Fiqar - Batavia Jeans Studio

Mesin Pfaff

Mesin Union Special andalan

Mulailah ia mengumpulkan mesin-mesin tua yang terkenal handal dalam menjahit seperti Union Special, Brothers, dan Pfaff. Kebanyakan mesin-mesinnya yang ada sekarang didapatkannya dari hasil keliling-keliling ke penjahit-penjahit lain di Indonesia. Kadang kala mesin yang di dapat hanya merupakan bangkainya saja dan harus diperbarui dengan spare part baru. Saat ini mesin yang menjadi andalannya adalah Union Special 56900 multipurpose sewing machine yang bisa digunakan untuk menjahit waistband, seam, dan juga bagian hem. Fiqar mengaku beberapa saat lagi akan mendatangkan dan menggunakan beberapa buah mesin baru seperti Union Special 43200 dan 35800 yang akan membantu produktifitasnya.

Continuous Fly - fly dengan secarik bahan

Selain mesin yang memadai, dia juga membekali dirinya dengan referensi-referensi lain tentang konstruksi jeans seperti pembuatan pola, teknik jahit dan sebagainya dari berbagai sumber seperti dari forum darahkubiru, dari penjahit berpengalaman dimana ia mengetahui teknik hiddenstitch pada belt loop dan juga dari sumber-sumber di internet seperti pada teknik continuous fly yang ia gunakan. Ia mengaku, “Saya sih terbilang baru dalam hal ini, saya baru belajar sekitar 6 bulan dalam hal jahit menjahit”. “Banyak kendala yang saya alami dalam membuat jeans, butuh latihan yang sering, tetapi dari kendala-kendala yang ada saya jadi tahu sedikit banyak mengenai menjahit dan mesin-mesin jahitnya”, aku Fiqar.

In Action

Inspirasi belajar membuat pola

Rivets and buttons

Alat pasang rivets

Ketika bercengkerama dengan kami, dia juga membeberkan beberapa rencana ke depannya untuk Batavia Jeans Studio. Hal yang paling pertama, mungkin dia akan pindah ke tempat yang lebih terjangkau. Kemudian saat ini dia sedang meramu beberapa pola standard untuk basic cut yang akan ditawarkannya pada studionya. Yang menarik, ia mengaku belajar membuat pola secara otodidak dengan mengkopi sebuah foto di internet yang berasal dari jeans museum di Okayama. Dia juga mengaku kagum akan apa yang dilakukan oleh Mike Hodis, Roy Slaper, dan Ande Whall dalam hal spirit artisan dan membuat jeans, “mereka adalah beberapa inspirasi saya dalam menjalankan bisnis ini”, kata Fiqar mengenai inspirasinya dalam membuat jeans.

Mesin lainnya

Pilihan benang

Jasa pembuatan jeans yang ditawarkan harganya beragam, mulai dari 185 ribu hingga 300 ribu lebih, tergantung bahan dan detail-detail yang diinginkan. Menurutnya, sebuah jeans dapat diselesaikan dalam waktu 3-4 hari karena keterbatasan sumber daya. Saat ini studio ini masih dikerjakan olehnya dan seorang penjahit lain yang bekerja di bawah pengawasannya. Sampai saat ini order di studio ini sudah cukup banyak, mulai dari pembuatan jeans sampai hemming jeans, bahkan kami sempat melihat sebuah brand lokal terkenal juga menitipkan pembuatan produknya di studio ini.

Sebelum pulang, tidak lupa kami menggunakan jasa Batavia Jeans Studio untuk memotong salah satu celana yang terlalu panjang. Hasilnya sangat memuaskan! Walaupun memakan waktu agak lama, karena menggunkan mesin yang tidak didesain khusus untuk hem dan karena sang penjahit juga masih dalam proses pembelajaran.

Hasil hem, perhatikan bahwa singlestitch juga bisa menghasilkan roping

One happy customer

Batavia Jeans Studio dapat ditemukan di blogspot-nya atau di forum. Jika ingin berkunjung, silahkan SMS langsung ke 085691970980

All Photos by Johan Jakatama Saleh

You Might Also Like

  • nazaroi

    gue support banget nih batavia jeans studio, great job bro lymbers!

  • USE

    wah mantap juga nih, kebetulan ane pengen nge-hem. kapan2 kesana ah

  • Pingback: Tweets that mention Batavia Jeans Studio « Darahkubiru -- Topsy.com()

  • dizco

    lah ada osi

  • tetet

    sumpe aku butuh bgt yg bginian. THANKS DB!

  • Nuki

    wih sadis nih, goodjob batavia jeans studio

  • D.I.L

    great job………….BATAVIA JEANS STUDIO

  • azmy

    klw maw order,gmana caranya????????????????

  • jigjig

    klo mo pesen itu langsung aja SMS ke 085691970980

  • fikrizhar

    wew bisa bikin jeans ?sabi banget nih

  • rikz

    good job Batavia Jeans Studio !

  • ajiep

    lahh ini kaka kelas gw dulu di sma kalo ga slh…,mantap lah

  • masnisiregar

    goodjob…..blh dong tanya kursusnya dimn sy jg mau tu

  • suryamega

    sangat inspiratif..boleh nyoba nih kapan2

  • saya tertarik sekali untuk kursus, yang punya info share dong, thanks