Denim Related, Featured

Denim and Girls

December 8, 2010
denimgirls

Salah satu alasan mengapa tidak banyak wanita yang memakai dry denim dikarenakan pilihan pakaian untuk kaum hawa itu banyak sekali, tidak hanya jeans atau celana, melainkan mrekan bisa memakai legging, rok, celana pendek atau hot pants. Apabila ingin dijabarkan, pakaian yang bisa dikenakan oleh seorang wanita banyak sekali. Seorang laki-laki juga bisa memakai pakaian semacam rok apabila dia memang menyukai fashion dan cocok-cocok saja di dia atau mungkin dia berasal dari Scotland dimana umum sekali ditemukan pria memakai rok dikarenakan memang itu pakaian daerah mereka. Alasan di atas sangat sering terdengar tapi sepertinya terdapat salah persepsi tentang hubungan dry denim dan girls itu sendiri.

Dry Denim and Girls

Menanggapi alasan di atas, berhubungan dengan banyaknya jenis pakaian wanita, sebenarnya tidak ada salahnya untuk mempunyai jeans yang kualitasnya bagus karena jeans di dunia fashion jeans itu sifatnya abadi, “everyone wears jeans these days“. Yang membedakan hanyalah potongan (cut) jeans tersebut dari skinny jeans sampai ke flare jeans dari tahun ke tahun. Lalu mengapa dry denim? Justru yang membuat jeans ini berbeda dari yang lainnya adalah bagaimana cara anda memakainya sehingga bisa menghasilkan fade atau corak unik yang indah di bagian – bagian tertentu seperti whiskers dan honeycombs karena denim ini menyesuaikan bentuk badan sang pemakai. Sedangkan jeans yang sudah diproses dari pabrik atau dengan kata lain pre-washed jeans, semua akan terlihat sama saja dan banyak yang terlihat seperti simestris corak-corak unik tersebut namun seringkali corak-corak prewashed jeans sering kali terlihat tidak alami.

Persepsi yang salah untuk tidak mencuci jeans selama kurang lebih enam bulan atau kurang lebih “The wrong perception about not washing the jeans for at least six months or more

Karena banyak wanita yang takut kotor dan merasa tidak bisa membayangkan apabila jeans-nya tidak pernah dicuci selama setahun lamanya, lalu ditambah lagi bau yang tidak sedap dikarenakan keringat, debu, kotoran dan lain-lain.

Persepsi tentang tidak mencuci jeans selama kurang lebih enak bulan atau lebih ini boleh dibilang salah karena justru untuk mempercepat proses fading sang pemakai butuh mencuci atau merendamnya (soak) dengan air hangat atau air panas agar cotton weave dari jeans yang sudah lama dipakai dan tidak dicuci itu kembali menjadi erat lagi seperti semula atau bahkan lebih kuat. Proses pencucian/perendaman ini akan menyebabkan indigo dari jeans tersebut “lepas” pada bagian – bagian tertentu. Disamping itu dengan kita mencuci jeans yang sudah lama dipakai, jeans yang sudah dicuci akan kembali menyusut pada beberapa bagiannya. Tapi jangan panik atau kecewa, karena, setelah dipakai beberapa hari, jeans tersebut akan “melar” kembali seiring dengan penyesuaian bentuk badan sang pemakai.

Proses yang berulang-ulang ini akan membuat cotton pada jeans tersebut mendapatkan tension akibat dari penciutan yang disebabkan dari perendaman atau pencucian yang telah dilakukan. Akan tetapi, jeans tersebut akan kembali lagi ke bentuk semula atau bahkan lebih bagus fit-nya di badan sang pemakai.

Akan tetapi, apabila dry denim tersebut dicuci terlalu cepat dengan tidak memakainya sesering mungkin, indigo dari jeans tersebut akan menjadi satu dan menjadi buyar. Karena itu, pakailah jeans yang telah dibeli sesering mungkin again terjadi abrasion atau gesekan dari jeans tersebut dengan kegiatan sehari-hari sang pemakai. Saya berharap saran-saran di atas tidak membingungkan anda para kaum wanita yang membacanya.

Tips For Girls

Ada beberapa tips sebelum kalian para wanita berniat untuk membeli dry denim, diantaranya:

1) Ketahuilah bentuk badan anda. Sangatlah penting untuk fashion pada umumnya untuk mengetahui baju mana yang cocok atau tidak cocok di badan pemakainya, untuk kasus ini, jeans. Contoh; apabila anda memiliki paha yang besar, anda kurang cocok memakai skinny jeans karena akan terlihat seperti bentuk wortel. Akan tetapi, janganlah kecewa, anda akan tetap bisa terlihat menarik dengan memakai dry denim yang potongan fit-nya slim straight  agar paha anda tidak terlihat besar atau gemuk. Hampir semua wanita ataupun pria ingin agar terlihat ramping atau fit, maka dari itu, pandailah memilih potongan jeans mana yang cocok dengan bentuk badan anda. Tidaklah susah untuk mendapatkan slim straight jeans, Nudie Jeans mengeluarkan cut seperti slim kim dan APC mengeluarkan New Standard. Apabila budget anda lumayan besar, anda bisa mencoba Linda yang diproduksi oleh Skull jeans, Geisha yang diproduksi oleh Samurai Jeans atau Mary yang diproduksi oleh Sling & Stones.

2) Apabila anda memiliki muffin top lemak di pinging yang timbul dikarenakan celana terlalu ketat. “Sizing is crucial in dry denim“. True to size, size down and size up. Biasanya dalam memilih size untuk dry denim sedikit tricky karena jeans ini akan melar di bagian pinggang setelah kurang lebih 20 kali pemakaian. Untuk mengatasi hal itu, kita perlu size down 1 size karena kebanyakan dry denim akan stretch out. Tapi apabila  muffin top sangat mengganggu, pilihlah true to size untuk menghindari hal yang menyebalkan ini. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah apabila tertulis unsanforized/sanforized pada jeans. Proses sanforization adahal proses perenggangan dan penciutan pada denim dalam proses pembuatannya, hal ini dilakukan untuk mengurangi proses penciutan lebih lanjut dan pada umumnya dry denim untuk wanita adalah sanforized jeans. Untuk jeans yang unsanforized berarti jeans tersebut tidak mengalami proses sanforization dan apa yang terjadi? Jeans ini akan menciut lebih banyak setelah direndam tetapi jangan khawatir karena setelah dipakai jeans ini akan stretch lagi mengikuti bentuk tubuh anda. Size yang disarankan untuk unsanforized jeans adalah size up 1 atau true to size. Tertarik untuk mencobanya? Levis 501XX STF (Shrink To Fit) adalah pilihan cocok, selain harganya yang tidak terlalu mahal seperti Japanese denim, levis 501XX STF akan memberikan hasil yang cukup memuaskan pada proses fading.

3) Ketahuilah bahwa bokong dan pinggul berperan dalam pemilihan cut dan size jeans: para wanita tentunya mempunyai bokong dan pinggul yang lebih besar dari laki-laki. Size pada jeans menunjukkan ukuran lingkar pinggang (waist), lalu bagaimana kita menentukan daerah waist? Untuk kita harus memperhatikan ukuran rise pada size chart jeans tersebut, karena rise menentukan apakah ukuran waist akan jatuh pada pinggang (high rise) atau tepat jatuh di pinggul (low/medium rise). Kebanyakan dry denim untuk wanita mempunyai low/med rise, jika rise-nya lebih kecil dari 8” maka jeans tersebut dikategorikan ke low/med rise. Jadi jangan kaget kalo melihat ukuran waistnya lebih besar dari biasanya, karena dalam hal ini ukuran pinggang mewakili ukuran hip wanita.

4) Pemilihan cotton yang tepat: Setiap jeans mempunyai serat dan tekstur yang berbeda satu sama lain. Kebanyakan dari dry denim khususnya yang mempunyai cut skinny biasanya tidak 100% cotton tetapi 95-98% cotton dan 2-5% elastane atau polyurethane karena bahan ini yang membuat jeans lebih nyaman dipakai yang disebabkan oleh kelenturannya untuk mengikuti tubuh anda. Selain itu teksturnya juga lebih halus jika dibandingkan dengan yang 100% cotton. Biasanya untuk para wanita yang pertama kali memakai dry denim, kebanyakan dari mereka memilih skinny jeans dengan campuran bahan tersebut. Nudie tight long john, Nudie high kai, PBJ 1069 atau sling and stones Naomi bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mereka. Jeans-jeans tersebut lebih nyaman dipakai dan langsung menyesuaikan bentuk badan terutama untuk wanita yang curvy karena akan lebih sedap dipandang mata khusunya untuk kaum pria. Untuk jeans yang 100% cotton, biasanya mempunyai tekstur yang lebih kasar dan potongan jeansnya lebih terlihat sedikit boyish seperti jenis slim straight jeans. Disamping itu untuk pemakaian pertama kali kurang lebih 1-2 minggu, jeans ini kan terasa kaku dan tidak begitu nyaman. Tetapi setelah pemakaian beberapa kali, cotton tersebut akan mulai melemas dan lebih nyaman untuk dipakai.

Pilihan Cutting

Jika kalian sudah tahu jeans model apa yang mau dicoba berikut ini adalah kategori jeans menurut modelnya;

Skinny jeans: Nudie Tight Long John, Nudie High Kai, PBJ1069, Naked and Famous skinny jeans, Sling and Stones Naomi atau bisa juga mencoba unisex jeans seperti APC petit standard dan APC new cure.

Berikut ini adalah jenis-jenis potongan APC jeans dan beberapa foto dari jeans-jeans yang telah disebutkan diatas.

pilihan APC cuts

Petit Standard mempunyai potongan yang lebih kecil dari New Standard di semua bagian termasuk waist, hip dan leg-nya, disamping itu Petit Standard adalah jeans yang low rise, jadi ukuran waistnya akan jatuh di hip.

New Cure, kurang lebih sama dengan petit standard hanya New Cure adalah jeans yang high rise.

Sling and Stones Naomi via Selfedge

Nudie High Kai via Ika Surjosantoso

Slim straight jeans: Nudie Slim Kim, Nudie Slim Jim, Nudie Thin Finn, APC New Standard, Naked and Famous slim straight jeans, Skull Linda, Momotaro GL003-MZ, Momotaro 8003-SP, Samurai Geisha, Flat Head Balder dan Sling and Stones Mary.

 

Momotaro GL003-MZ via Nordic Denim House

Flat Head Balder via SelfEdge

Super Slim Kim via Ika Surjosantoso

Bootcut jeans: Nudie Bootcut Ola, Denimbirds Bootcut jeans, Sling and Stones Delilah dan Momotaro 6003-SP

Momotaro 6003-SP via Nordic Denim House

Sizing references

Berikut ini adalah ukuran jeans yang saya pakai, semoga bisa menjadi referensi untuk kalian semua yang kira-kira mempunyai ukuran seperti saya.

  • Nudie Tight Long John size 26-27
  • Nudie High Kai size 26
  • Nudie Slim Jim size 27
  • Nudie Super Slim Kim size 28
  • Denimbirds Bootcut size 27

 

Note: Slim Kim mempunyai rise yang lebih rendah dari Slim Jim, jadi saya menggunakan size 28. begitu pula dengan Tight Long John mempunyai rise yang lebih rendah dari High Kai.

Size Reference Geisha dan Linda

Jika saya mempunyai Flat Head Balder saya akan memilih size 26 karena Balder adalah unsanforized jeans jadi harus disoak dulu sebelum pemakaian pertama kali, jeans ini akan menciut dahulu tetapi akan longgar kembali mengikuti bentuk tubuh setelah dipakai.

Note: dari ketiga jeans diatas, Linda lebih cocok untuk wanita yang memiliki “boyish figure” sedangkan Geisha dan Balder memiliki lebih banyak “space” di daerah hip, jadi untuk kalian yang mempunyai “curvy body” atau pinggul yang sedikit lebih besar, Balder dan Geisha bisa menjadi pilihan yang tepat.
Perlu diingat sekali lagi ukuran jeans wanita berbeda dengan ukuran jeans pria karena wanita mempunyai pinggul yang lebih besar.

Masukan dari saya berdasarkan dari pengalaman-pengalaman saya dalam memakai beberapa jenis jeans, mungkin akan berbeda dari wanita yang lainnya. Semoga saran-saran saya bisa membantu kalian para wanita untuk memilih jeans yang tepat buat anda dan juga para pria dalam memilih dry denim yang tepat untuk sang pacar.

Bagi para wanita yang ingin ikut berdiskusi tentang jeans yang tepat buat kalian, silahkan ikut berdiskusi di forum juga atau berikan komen anda dsini!

Online Shopping References

Blue in Green (http://blueingreensoho.com/)

Cultizm (http://www.cultizm.com/)

Self Edge (http://www.selfedge.com/)

Nordic Denim House (http://www.nordicdenimhouse.com/)

disclaimer: Semua cerita dan tulisan oleh Ika Surjosantoso

You Might Also Like

  • nat

    wah bagus ni artikelnya. referensi buat jeans dgn boyfriend style dong!

  • Pingback: Tweets that mention Denim and Girls « Darahkubiru -- Topsy.com()

  • Artikelnya bagus tante kayodic 🙂

    Gw boleh berbagi juga ya di sini.. Betul kt tante kayodic , krn gw punya paha yang agak besar justru susah pake jeans cewe yang cutting nya skinny hehe.. Lbh comfort pake cutting slim tapper berikut jeans yg gw pernah punya 😀

    – Nudie Slim jim greycast size 27 (fit nya oke, paha tdk terlihat lbh besar)
    – Nudie Slim jim organic ecru embo size 27
    – Nudie PBJ 1069 size 1 (stuck di paha dan agak ga comfy, fit jd terlihat gendut)
    – Se05bsp size 28 (krn unsanfor stlh di initial soak fitnya agak mengarah ke skinny, tp setelah dipake lama kelamaan balik ke slim tapper dan nyaman bgt dipakenya)
    – Unbranded skinny size 28
    – Yamato size 26 (agak terlalu kecil di thigh nya harusnya pake 27)
    – Samurai 710xx size 28 (fitnya jatohnya boyfriend cut banget, karena gw pendek jd agak ga cocok pake ini, makin keliatan pendek)

    sekian sharing nya 😀

  • dizco

    ^ wow mbak ala wow, koleksinya galak

    nice article, tante kayodic

  • Kayodic

    Boyfriend jeans yang paling ok bisa coba levis 501XX…. one of my fave jeans 🙂
    aahhh… thank you ala.. mwah mwah….

  • rikz

    masukin fit nya PBJ dong.. 🙂

  • Pingback: Tweets that mention Denim and Girls « Darahkubiru -- Topsy.com()

  • enigma

    nice article kayodic , ngebantu banget sama alamanda juga . thumbs up for you both ! sering2 ya ada articel buat cewe2

  • hayyga

    very very useful! thanks to kayodic.. jadi nambah nih pengetahuan ttg jeans nya.. nice! 🙂

  • rudhy

    gffdd

  • fanny

    hai artikelnya bagus deh.
    aku baru tertarik sama dry denim. tapi aku belom kuat beli nudie, hehe ada saran nggak merk apa yg lebih terjangkau? yg skinny gitu. soalnya kebanyakan local denim gak ada buat cewe
    terus kalo dicuci gak sampe 6 bulan jd kira2 brp waktu yg tepat utk cuci denim?

  • bebebubu

    keren.. Skalian deh mau tnya perbedaan antara slim fit sama slim straight apa ya? ?
    Usefull bgt nii.. Thx 🙂

  • Pingback: Denim and Girls | Deninista()

  • Very nice, i like it

  • nice artikel kak. ini artikel yang lagi saya cari. thanks.
    btw kalo ada artikel soal jeans legging kak.

    maaf skalian numpang ya. hehe
    https://www.tokopedia.com/evenstarbags jual jeans legging, skirt jeans, dll

  • Pingback: Boyfriend Jeans For Curves | Tips Celana Wanita()

  • Pingback: Hot Pants Levis | Tips Celana Wanita()

  • Pingback: Pre Washed Jeans Shrink | Tips Celana Wanita()