Denim Related, Featured, Reviews

Jeans Of The Old West: A History

September 7, 2010

Sudah lama kami tidak membeli buku-buku bernuansa denim dan akhir-akhir ini terbit beberapa bacaan denim yang menarik. Seperti biasa Free & Easy bulan Oktober memfokuskan diri dalam membahas jeans dan juga Lightning Magazine yang paling baru. Tetapi buku yang paling menarik untuk dibaca bukanlah majalah “porno” denim yang disebutkan tadi, melainkan buku sejarah tentang denim yang bertajuk Jeans Of The Old West yang ditulis oleh Michael Harris. Buku ini dipenuhi dengan bacaan, referensi dan pembahasan yang mendalam mengenai sejarah jeans dimana fokus sejarah di buku ini berkisar akhir abad 19, tahunnya Gold Rush di negeri Paman Sam. Akhirnya kami selesai membaca 192 halaman buku ini dan mencoba untuk mengulas sedikit banyak isi dari buku yang bisa dikatakan menjadi terobosan dalam dunia jeans vintage.

Jeans of The Old West

Buku ini diawali dengan pengkondisian suasana California di masa-masa Gold Rush dimana daerah itu menjadi tujuan para pencari rezeki yang mengharapakn sebongkah 2 bongkah emas. San Fransisco adalah salah satu kota paling besar di barat dan menjadi pusat industri dan perdagangan. Dari kota ini lah lahir beberapa brand jeans yang akan dibahas secara mendalam di buku ini seperti Levi’s, Greenebaum Brothers, Neustadter Brothers, Heynemann & Co dan lainnya. Brand-brand inilah yang turut mengkondisikan dan membentuk jeans seperti yang kita ketahui sekarang.

buttons

labels

patent yang memulai semuanya

Seperti kita ketahui, Levi’s adalah brand jeans yang terkenal dengan rivet-nya yang sampai sekarang merupakan salah satu definisi dari jeans. Penggunaan rivet di jeans pertama kali ditemukan oleh Jacob Davis, seorang penjahit pakaian kerja di Reno. Suatu hari dia kedatangan tetangganya yang mengeluh bahwa kantong celananya mudah lepas dan meminta Davis untuk membuat celana yang durable untuknya. Davis pun membuat sebuah celana dari cotton duck yang tadinya biasa dia gunakan untuk membuat selimut kuda. Dari situ dia mempunyai ide bagaimana jika rivet yang biasa dipakai untuk mengencangkan sadel kuda digunakan untuk mengeuatkan bagian-bagian celana. Dari situlah legenda rivet pada celana jeans bermulai.

pocket

potongan bahan sebagai referensi

referensi early Levi's

Buku ini membahas secara mendalam evolusi para produsen celana kerja pada tahun 1873 – 1890 dimana pada saat itu Jacob Davis dan Levi Strauss mulai mempatenkan penggunaan rivet pada celana sebagai reinforcement. Karena terbatasi oleh paten ini dan para produsen lain tidak ingin dikenai pelanggaran paten, maka lahirlah beberapa paten-paten lain yang pada dasarnya dibuat untuk menandingi dan bersaing dengan rivet milik Levi’s. Sangat menarik untuk melihat ide-ide kreatif yang dibuat oleh produsen lain untuk menguatkan bagian jeans. Sebagai contoh Grenebaum Brothers mempatenkan sebuah teknik dimana sebuah bahan tambahan digunakan dan dijahit di atas ujung-ujung kantong (biasanya bahan ini merupakan kulit atau duck). Semua teknik dan paten untuk menguatkan jeans dibahas secara komprehensif dan gambar-gambar referensi yang digunakan juga sangat menarik untuk dilihat. Michael Harris sepertinya bekerja sebagai semacam treasure hunter yang khusus mencari barang-barang antik dan salah satunya adalah jeans dari era ini. Kebanyakan gambar referensi merupakan temuan Harris atau koleksi temannya yang biasanya sudah berupa potongan-potongan jeans yang tidak utuh walaupun ada juga jeans yang masih utuh.

apliakasi paten grenebaum

early Lee dengan arcuate mirip Levi's

Setelah membaca buku ini kita juga bisa tahu darimana sumber referensi produsen jeans repro Jepang seperti Warehouse. Dalam diskusinya di superfuture, Harris menjelaskan bahwa dia pernah menjual beberapa koleksi potongan celana yang dia temukan kepada Warehouse. Daridulu kami selalu kagum dengan Warehouse dengan produk-produk repronya dan selalu bertanya-tanya darimana mereka mendapatkan referensi untuk membuat produknya, ternyata Harris pun berkontribusi dalam hal ini.

Secara keseluruhan buku ini sangat patut untuk dimiliki bagi para denim geek yang khususnya tertarik pada jeans-jeans sebelum angka 501 muncul. Dengan gambar referensi yang sangar mendetil dan pembahasan yang lengkap, buku ini sudah layak menjadi sebuah ensiklopedia tentang jeans khususnya pada era Gold Rush. Buku ini bisa menjadi pelengkap buku Denim karangan Paul Trynka dan tentunya buku Indigo karangan Jenny-Balfour Paul dan sangat kami rekomendasikan untuk dimiliki!

sang penulis

Buku ini bisa didapatkan di juragan buku.

Jeans of The Old West: A History – Michael Allen Harris

ISBN: 9780764335006
Size: 8 1/2″ X 11″
Illustrations: 300 color photos & illus.
Pages: 192

You Might Also Like