Denim Related, Featured, News, Wawancara

Layanan Denim – Jak Jeans House

January 7, 2010

Di tengah merebaknya influence denim impor di Indonesia, muncul layanan profesional untuk denim dan jeans di Jakarta. Jak Jeans House (JJH) resmi dibuka pada tanggal 11 Oktober 2009, tepat di saat denim mulai masuk dan hype-nya menyebar di Indonesia terutama di kalangan anak muda. Yang paling menarik perhatian kami pada JJH adalah banner besar yang dipasang di depan JJH, terdapat logo-logo denim luar negeri yang sedang marak dibicarakan. Kami pun berkesempatan untuk mampir dan sedikit berbincang-bincang langsung dengan pemilik Jak Jeans House yang ternyata usianya tergolong masih muda, David Octavian yang kini masih duduk dibangku kuliah semester 3 sebuah universitas swasta di Jakarta.

Kenapa sih memilih untuk membuka usaha vermak jeans?

Dari sejak SMA gw udah bertekad ingin membuka usaha sambil jalanin kuliah, pahit getir gw jalanin dari masa-masa gw nabung dari uang jajan sekolah gw sampe-sampe jarang makan siang pas istirahat sekolah karena uang nya buat gw tabung untuk bikin usaha dan gw juga dapat modal dari tambahanuangkiri kanan.

Kenapa gw bertekad bgt pengen jadi entrepreneur, gw mau ibadah, karena kalo gw bisa punya banyak pegawai gw bisa mengangkat perekonomian bawah jadi lebih baik. Gw orang betawi tulen, kata orang, anak betawi cuma bisa ngandalin kontrakan dan tanah orang tua nya dan ga bisa hidup kerja keras, tapi maaf itu bukan gw. Orang tua gw bukan orang yang sangat berada dan berpendidikan tinggi yang ada di kantoran tapi alhamdulilah keluarga gw berkecukupan, dan gw ga pernah kekurangan, bokap dan nyokap selalu kerja keras untuk biayain pendidikan gw dan abang gw, maka dari itu gw juga harus bisa bekerja keras untuk mereka dan untuk capai apa yang gw mau.

Gw pernah baca buku tentang biografi seorang saudagar minang yang sukses dengan tanpa mempunyai ijazah SD sekalipun karena kemiskinannya pada saat itu, satu yang ada di pikiran gw, dia aja bisa kenapa gw engga, setiap menjalani sesuatu gw selalu mempunyai prinsip di diri gw 4K, komunikasi, kesempatan, komitmen dan kerja keras hal ini yang selalu gw bawa.

Selulus nya gw SMA dan melanjutkan pendidikan di Universitas Bina Nusantara banyak hal yang gw jalanin sebelum akhir nya gw bisa membuka JJH sampai gw pernah di bilang darah jawa, jiwa sumatera karna yang ada di pikiran gw bisnis mulu, antara lain: jualan kaos, jadi advertising executive di koran harian pagi daerah kepulauan riau, dan sampai akhir nya ketika gw rasa udah mempunyai modal yang cukup, gw coba cari usaha apa yang real untuk gw bangun, dan pas waktu pada saat itu denim import sedang in di indonesia langsung terpintas di naluri gw, tempat vermak service yang mengerti dan membuat orang percaya diri untuk dapat menaruh celana branded nya di tempat vermak itu sangat jarang apalagi yang di service celana di atas 1jt-an semua.

Maka dari itu kesempatan ini harus gw ambil dengan baik dengan membuka Jakarta Jeans House, specialist service denim pada tanggal 11 Oktober 2009 dan alhamdulilah wasyukurilah customer kita sampai menjangkau luar jakarta untuk service dan custom denim. Untuk saat ini alhamdulilah saya sudah mempunyai 2 orang pegawai yang membantu dalam pengerjaan service dan custom.

Snag empunya JJH, David

 

Brand apa saja yang sudah mampir di JJH?

Alhamdulilah konsep gw berjalan dengan baik sampai saat ini. Banyak brand internasional dan brand local juga yang sering bgt mampir ketempat gw antara lain: imperial, nudie , aprill 77 , 3sisteen, ksubi, evisu, tsubi, iron heart, samurai, lee, levis, leecoper , PMP, PSD, VM, dan masih banyak lagi.

 

Selain vermak, apa ada service lain di JJH?

Selain untuk alter kita juga terima pembuatan denim full-custom dengan menyediakan bahan material nya juga di workshop kita. JJH juga memiliki trademark tersendiri yaitu kita menggunakan batik untuk lining kantong. Yang paling gw seneng juga akhir nya JJH bisa mempunyai mesin chainstitch yang pertama di Indonesia yang di sediakan di tempat vermak. Keberadaan mesin ini pun berkat dorongan teman2 di denim heads dan darahkubiru.com dan family.

 

Jajaran Jeans yang sudah mampir di JJH

 

Apa keunggulan JJH dibanding tempat vermak lain yang bertebaran di seantero Jakarta?

Gw mempunyai konsep vermak jeans yang dapat memuaskan pelanggan aja, dimana si customer bisa puas setelah dia mengalter denim-nya di tempat gw, lalu gw selalu memberi garansi, contohnya untuk hem apabila sudah di potong lalu celana sudah di ambil sewaktu di rumah merasa kurang pendek, JJH dapat mengerjakan kembali tanpa di kenai biaya lagi, lalu untuk pricelist kita alhamdulilah cukup terjangkau karena kita menggunakan konsep QTT seperti orang-orang chinese.

Kalau untuk keunggulan setiap apapun pasti mempunyai kekurangan dan kelebihan tapi alhamdulilah JJH mempunyai satusatu nya mesin yang tidak di miliki vermak lain di seantero jakarta yaitu mesin chainstitch.

 

Bahan-bahan di JJH

 

Kalau boleh sedikit berbagi apa saja keunggulan hem chainstich ini?

Untuk para denim lover dan yang lain nya sudah pasti amat sangat mengerti dalam keunggulan dan efek yang di hasilkan dari mesin chainstich ini. Chainstitch merupakan teknik jahit yang paling penting pada jeans. Pada teknik jahit ini, dibutuhkan 2 buah benang yang akan saling mengunci satu sama lain satu benang pada jarum jahit satu benang pada kepala loper dan membuat pola seperti rantai. Teknik jahitan ini merupakan salah satu teknik jahit yang akan menjamin kekuatan yang lebih dibanding jahitan biasa. Biasanya chainstitch digunakan di bagian-bagian yang merupakan stress point seperti inseam dan pinggang. Selain karena kekuatannya, jenis jahitan ini juga akan memberikan roping effect yang berbeda pada bagian hem.

 

Mau tau dong price list untuk semua service di JJH?

  • service pinggang : 23.000
  • service paha,lutut betis : 19.000
  • service potong biasa : 12.000
  • service potong sambung : 17.000
  • service panjang duduk : 35.000
  • service make up : 38.000
  • service hem with chainstitch : 120.000

Pocket Lining Batik

Hasil Chainstitch di hem

Hasil chainstitch di hem

 

Harapan JJH ke depannya untuk JJH sendiri dan untuk dunia perdeniman di Indonesia?

Harapan JJH untuk kedepan nya semoga jjh dapat selalu menjadi penjual jasa yang tidak habis di makan umur dan dapat selalu memberikan pelayanan yang ramah dan rapih, lalu doakan JJH akan hadir di dalam mall-mall terdekat. Lalu harapan untuk denim di indonesia jangan pernah menjadi seperti angin puyuh yang datang beramai2 dengan cepat dan menghilang pun beramai2 dengan cepat.

Denim tidak akan mati di makan jaman, karena denim merupakan suatu kebutuhan dalam fashion di setiap orang. Untuk denim lokal terus bekerja keras untuk memajukan brand jangan patah semangat akan persaingan nya dengan denim import yang masuk ke Indonesia. Yakinkan kualitas denim local pun tidak kalah sempurna dengan kualitas import.

 

Yang terakhir lokasinya di mana nih om david?

JL. Cipete raya no 65b, Fatmawati, Jakarta Selatan. (sebelah itje salon)

 

Detail jeans custom buatan David

Perbandingan atas hem JJH bawah hem Samurai

Banner JJH

interview:  Alamanda

photos by:  Alamanda and Andrew

nb: Terima kasih untuk koresponden kami, Alamanda di Jakarta


You Might Also Like