Skip to content Skip to footer

Real McCoy’s s613a

Sambil menunggu laporan WOF dari koresponden kami di Jakarta, sabtu kemarin kami menerima sebuah paket berisikan Real Mccoy’s Jeans. The Real McCoys merupakan merek Jepang yang cukup terkenal akan produk-produk repro-nya yang beragam mulai dari workwear, jeans, motorcycle wear dan aksesoris (Buco) dan military wear. Beberapa produk repro mereka merupakan salah satu replika yang paling akurat dari sisi kualitas, detail, dan finishing dari produk yang benar-benar diciptakan di masa lalu. Review kita kali ini berhubungan dengan salah satu produk jeans dari Real McCoys yaitu Real McCoys s613a yang bisa kita bilang World War II inspired model.

Jeans yang satu ini merupakan varian dari s613 yang merupakan cutting post-war (1947), sementara s613a merupakan world war 2 atau great war model (1944). Seperti pada umumnya cutting WW 2 merupakan versi lebih loose/relaxed dari cutting post-war. Denim yang digunakan pada s613a ini sama bahannya dengan s613 hanya beberapa detail dan cutting yang berbeda satu sama lain. Beberapa detail yang saya suka dari jeans ini adalah tag dan pocket flasher dengan desain yang cukup vintage. Flasher ini seperti pada jaman ketika Levis memasarkan informasi mengenai jeansnya, di pocket flasher jeans ini juga terdapat banyak info.

Pocket Flasher
Pocket Flasher
Real Mccoy Tag
Real Mccoy Tag
Size Tag
Size Tag, cukup informatif

Detail lain yang pada umumnya ada di jeans repro WW 2 yaitu doughnut button. Legendanya pada saat perang dunia 2, pemerintah US memerintahkan agar para produsen garmen mereduksi penggunaan bahan yang dianggap penting untuk kepentingan perang seperti kapas, besi, tembaga dan lainnya. Salah satu cara reduksi produsen jeans adalah mengurangi penggunaan besi pada button dengan membuat button dengan bagian tengah berlubang. Selain itu untuk mereduksi penggunaan kapas untuk benang, bisa kita lihat bahwa Levis menghilangkan arcuate berupa jahitan dan menggantinya dengan cat, sama seperti jeans ini, arcuate Real McCoy yang biasa diganti dengan painted arc. Selain itu pula, rivet di bagian pocket kelima dihilangkan, mungkin juga untuk menghemat penggunaan tembaga.

Coin Pocket tanpa rivet
Coin Pocket tanpa rivet
Painted Arc, dan reinforced backpocket (lihat jahitan horizontal)
Painted Arc, dan reinforced backpocket (lihat jahitan horizontal)
Doughnut Button
Doughnut Button

Pada dasarnya Real McCoy model ini bukanlah merupakan 100% replika dari produk jeans pada tahun bersangkutan. Bisa kita lihat beberapa detail lain yang sepertinya tambahan dari Real McCoy sendiri. Brand patch di waistband adalah salah satu detail yang pastinya ditambahkan oleh RMC, karena patch seperti ini di waistband merupakan salah satu karakteristik Lee, sementara kita lihat overall cutting dan desain jeans ini merupakan pola dari Levi’s. Selain itu detil tambahan bisa kita lihat di leather patch, dimana di atasnya ditambahkan semacam cap approval dari US army, seolah-olah jeans ini benar-benar dipakai oleh militer. Dan salah satu detail yang paling saya senang dari jeans ini adalah pocket lining-nya dihiasi dengan pola camouflage dimana biasanya saya melihat WW 2 model jeans hanya menggunakan heavy canvas dengan warna olive saja.

Camo Pocket Lining
Camo Pocket Lining
Leather Patch
Leather Patch
Patch pada waistband
Patch pada waistband
Button loop bewarna olive, warnanya berbau2 militer
Button loop bewarna olive, warnanya berbau2 militer
Branded Hidden Rivet
Branded Hidden Rivet
Selvage, agak-agak seperti pink
Selvage, agak-agak seperti pink

Leave a comment