Denim Related, Featured, News

2009 Highlights

December 30, 2009

2009 sebentar lagi akan kita tinggalkan untuk menuju tahun 2010 yang mudah-mudahan semakin baik. Tentunya di tahun 2009 ini banyak kejadian dan berita-berita menarik seputar dunia denim dan jeans di nusantara maupun di seluruh dunia. Kita tahu bahwa tahun 2009 berperan penting dalam terbentuknya komunitas denim di Nusantara dan juga banyak berita-berita mencengangkan dari produsen denim di dunia dan tentunya tidak lupa banyaknya bermunculan jeans-jeans baru yang menarik untuk dibahas. Darahkubiru akan mencoba merangkum berita-berita dan highlight yang menarik seputar tahun 2009 dengan kacamata denim nerd dan geeks tentunya.

INDIGO

Bulan April tahun 2009 merupakan waktu yang bisa dibilang monumental karena ditandai dengan terbentuknya INDIGO secara de facto.  Bermula dari sebuah ide dari beberapa denim nerds yang akhirnya menyempatkan diri untuk saling berjumpa di bilangan Kemang hingga dengan mantapnya berhasil menyelenggarakan event Wall Of Fades di penghujung tahun yang sangat sukses. INDIGO hingga saat ini merupakan tempat untung menampung ide-ide brilian dan tempat saling berbagi ilmu dan cerita bagi para denim nerds di Indonesia. Tunggu juga event-event lain di tahun depan yang akan diselenggarakan oleh INDIGO.

Wall Of Fades

Di penghujung tahun 2009, rekan-rekan INDIGO berhasil menyelenggarakan sebuah event yang terinsiprasi dari denim culture yang bertajuk Wall Of Fades.  Merupakan sebuah acara yang berkonsep sangat baru dan menjadi yang pertama di asia tenggara. Walaupun INDIGO sendiri baru terbentuk pada bulan April, ternyata kekompakan para denim nerds di dalamnya sungguh sangat teruji hingga mampu membuat acara ini terhitung sukses, apalagi untuk acara perdana. Diharapkan agar acara semacam ini menjadi event tahunan dan sebagai sebuah forum berkumpulnya para denim enthusiast di Indonesia dan bukan tidak mungkin acara ini juga menaikkan skalanya untuk regional Asia Tenggara. Lihat foto-foto dari Wall of Fades di sini.

Darahkubiru

Sebuah website yang tadinya diciptakan untuk menampung fakta-fakta dan info mengenai denim dan ditujukan untuk para denim enthusiast dan nerds di Indonesia. Sekarang ini cukup berkembang dengan pengunjung yang cukup banyak tiap harinya dan mulai menjadi wadah dan forum spesifik untuk denim nerds di internet.

Penny Jakarta

Sudah saatnya Jakarta punya toko yg menyajikan denim-denim sangar dan lengkap. Penny hadir di akhir tahun 2009 dan membawa angin segar ke dunia perdeniman di Indonesia dengan mendatangkan jeans-jeans handal semacam LVC dan samurai. Selain itu mereka tidak lupa menghadirkan pelengkap dari denim seperti wardrobe yang mantap dan juga footwear yang beragam. Semoga kedatangan Penny bisa men-denim-kan Indonesia untuk tahun-tahun ke depannya.

Geliat Denim Lokal

Walaupun bukan strictly 2009, tetapi tampaknya tahun 2009 dipenuhi dengan bermunculannya produl-produk baru dan menarik dari produsen lokal kita. Entah produsen lama maupun produsen baru, tahun 2009 menjadi sebuah kanvas baru bagi para produsen denim lokal yang mulai memasuki pasar premium jeans untuk bersaing dengan produk impor. Ternyata hasilnya mengagumkan, denim lokal bukan hanya dilirik sebagai alternatif premium jeans karena harganya lagi melainkan karena kualitas dan desain yang ditawarkan tidak kalah bahkan melebihi produk impor. Hal ini tentunya sangat menarik dan kami pribadi sangat antusias untuk menunggu produk-produk baru dari pada produsen kreatif ini, apalagi setelah kami melakukan wawancara dengan para produsen lokal tersebut. Berikut ini beberapa produsen lokal yang sedang naik daun:

The New Iron Heart

Iron Heart tahun ini melakukan terobosan baru dalam denim-nya yaitu menggunakan bahan unsanforized pada beberapa denim barunya. Walaupun line barunya seperti 301s tetap menggunakan signature 21oz sanforized denim-nya, tetapi beberapa produk terbarunya seperti 634 SR dan produk kolaborasinya dengan Selfedge seperti SExIH07 dan black overdye menggunakan unsanforized denim yang sepertinya akan menghasilkan karakteristik fade yang lebih mencolok dibandingkan dengan bahan pendahulunya.

Evisu Deluxe dan Kembalinya Evisu ke Jalan yang Benar

Evisu adalah salah satu dari osaka5, 5 brand jeans pioneer di Jepang dan salah satu merek jeans jepang yang paling terkenal internationally dan juga salah satu merek jeans dengan palsuan (KW) terbanyak selain Levi’s. Evisu adalah brand yang besar dan sekaligus jatuh karena popularitasnya yang menanjak sangat cepat. Hingga saat ini kita bisa temukan produk Evisu yang sangat jelek baik yang asli dan palsu dan juga di tempat lain produk yang sangat bagus dari Evisu.

Evisu Deluxe menurut kami menandakan jalan benar yang kembali dijajaki oleh Evisu International. Salah satu produk yang cukup fenomenal adalah Evisu Deluxe Ikeda jeans yang konstruksinya 100% single needle dengan detail yang sangat mantap seperti ditunjukkan di pemasangan kantong yang menggunakan teknik bluff seam yang ternyata merupakan salah satu teknik pemasangan kantong yang paling sulit dan menguras tenaga. Produk ini menandakan keinginan Evisu untuk kembali ke heritage-nya dimana Hidehiko Yamane memprioritaskan kualitas reproduksi dengan bahan nomer satu dan konstruksinya yang bagus, tidak lupa haind-painted seagull logo di backpocket.

The New Denime?

Berita terbaru menyatakan bahwa Denime yang merupakan salah satu produsen denim tertua di Jepang (sejak 1988) akan diambil alih oleh The Real McCoy’s. Tetapi brand denime itu sendiri tetap ada dan melanjutkan produk-produknya. Yoshiyuki Hayashi yang merupakan pendiri dari Denime ternyata mengundurkan diri dari Denime dan memulai projek barunya yang diberi nama SUD. Hal yang menarik di sini adalah bisakah The Real McCoy’s tetap menjaga keunggulan bahan denim yang digunakan Denime sampai saat ini?

Dan Lain-lain

  • Lee melakukan reproduksi model 101z yang dipakai oleh James Dean sebagai unofficial Lee Ambassador
  • Triple Works merencanakan untuk memproduksi jeans dengan 3 tipe yang berbeda karakter fade-nya untuk tahun 2010
  • Lightning Magazine kembali meluncurkan buku bertema denim bertajuk The Denim Book.
  • Jakarta Jeans House membuka service jeans alteration dan yang baru-baru ini ramai dibahas adalah datangnya chainstitch machine untuk hem.
  • Samurai Jeans akhirnya akan merelakan arcuate mereka di tahun 2010. Kolektor pun berburu samurai lama dengan arc-nya.
  • Ande Whall kembali membuka workshopnya dan menggunakan bahan, detail dan teknik konstruksi baru.

Akhir kata terima kasih 2009 dan selamat datang 2010 yang menjanjikan event-event dan berita menarik lainnya. Terima kasih untuk tetap membaca darahkubiru.com dan jangan lupa juga untuk mengecek darahkubiru forum untuk keterangan Denim Contest 2010 yang ditunggu-tunggu.

Share juga yang menurut kalian highlight tahun 2009 di komentar! Happy New Year, See you next year.

You Might Also Like

  • krayon

    so long 2009

    tahun yang sangat “DENIM” bagi saya….

  • ooo

    nice summary gan, sexi08 juga highlight tuh

  • macmed

    2008 merupakan tahun kebangkitan denim indonesia..harus ditulis besok dimajalah2 denim indonesia(kalo ada besok2).
    sangat disayangkan samurai sudah tidak ada arcuate..

  • jezun

    nice 2009 for INDIGO..

  • krayon

    med, kog 2008 sih??? :hammer