Denim Related, News

Heads Up – Tripleworks

September 3, 2009
tripleworks-denim-01

Sering kali kami juga mengikuti perkembangan dunia denim di internet dengan melihat-lihat website lain yang punya konten-konten menarik mengenai denim. Salah satu hal menarik yang kita temukan beberapa saat ini adalah sedikit preview dari koleksi musim semi/panas 2010 dari Tripleworks Denim.  Tripleworks merupakan sebuah anak dari bapaknya yaitu Works Inc. yang juga merupakan bapaknya Iron Heart dan kebetulan pemiliknya merupakan orang yang sama, Sinichi Haraki. Saya selalu menjadi pengagum Haraki-san yang bisa menciptakan Iron Heart seperti sekarang ini, respek akan kelihaiannya membuat jeans 21oz yang begitu nyaman dan tentunya super durable. Tripleworks sepertinya merupakan produk yang lebih “ringan” dibandingkan kakaknya, Iron Heart, bisa dilihat dari koleksi sebelumnya, Triple Works Hidden Rivet yang menggunakan bahan 13,5 oz sanforized denim.

Untuk koleksi terbarunya, tampaknya Haraki-san menaikkan “berat badan” tripleworks menjadi 16oz dan daripada menggunakan sanforized denim, tampaknya dia lebih memilih menggunakan sistem preshrunk/one-wash (diberi istilah Pre-Washed Raw di tripleworks) pada denimnya. Mungkinkah Haraki-san sudah menemukan fabric idamannya? akankah 21oz 634S selanjutnya memakai sistem ini juga? Bisa kita lihat bahwa IH 634SR (versi 22/23oz dari 634S) juga menggunakan unsanforized denim, sangat berbeda dengan karakteristik IH sebelumnya yang semuanya sanforized.

tripleworks-denim-03

source selectism.com

Yang menarik adalah Tripleworks menyediakan 3 macam produk yang diberi nama “Natural”, “Future”, dan “Permanent” dimana kostumer bisa memilih antara 3 produk yang berbeda karakteristiknya dalam hal fading. Dalam wawancara-nya dengan Wearethemarket, Haraki-san mengingatkan pada kostumer bahwa fading pada indigo denim adalah hal yang penting dalam sebuah jeans, makanya dia pun membuat 3 kategori pada produknya. Untuk yang suka fading cepat, “Future” didesain dengan indigo dye khusus yang diklaim bisa mempercepat proses fading, sementara “Natural” akan menggunakan natural indigo (masih diragukan antara natural indigo yang dimaksud adalah natural indigo yang 100% natural dari indigofera atau yang dimaksud adalah indigo standard yang digunakan di jeans pada umumnya), produk “Natural” ini punya karakteristik fade lebih lama dan seperti biasa digunakan rope dying. Bagi yang ingin selalu memakai jeans yang raw, “Permanent” adalah jeans untuk anda, dan ini menarik untuk dibahas bagaimana caranya membuat indigo tahan di yarn selama-lamanya walaupun dicuci, dsb.

tripleworks-denim-02

source selectism.com

Jujur saya tertarik untuk melihat bagaimana produk ini nantinya ketika dirilis, terutama kejelasan mengenai natural indigo dan permanent indigo. Future tampaknya dibuat untuk mendampingi konsep Levis Imprint yang memfokuskan diri pada fast-fading property. Dan tentunya penasaran dengan hasil fading yang dihasilkan nantinya.

source selectism.com

source selectism.com

You Might Also Like

  • eca

    menarik, ada yg fading nya cepet. semoga harganya nggak semahal IH

  • naif

    kira2 harganya brapa yah?mudah2an setara sm nudie deh..biar ga bikin kantong kosong

  • bob

    wih ini adeknya IH ya, ada yg kek levis imprint ya, menarik juga.. nice info gans

  • izy

    wah keren bgt tuh yg permanent….gw kadang mikir ga kepengen jeans gw fade…..jeans dry yg masih baru gitu kliatan keren koq…

  • arya

    di web nya IH ada harga nya 275 dollar. tp ga tau itu yang model apa hehe