Featured

The Denim Process: Latar Belakang

May 12, 2009
1532195235_7e5913af33

Sekarang, saya akan menceritakan sedikit dari sejarah denim dan bagaimana proses pembuatannya. Seringkali kita mengetahui secara garis besar pembuatannya akan tetapi belum mengetahui proses selengkapnya. Mungkin sedikit background akan membantu ( jangan malas membaca, dijamin nambah info gan :D).

genoa harbour

genoa harbour

Mungkin masih ada yang sering bingung, apasih bedanya denim dan jeans? Denim adalah bahannya dan jeans merupakan produknya. Pemakai jeans pertamakali adalah pelaut dan penambang emas di California. Denim sendiri berasal dari kata Serge de Nîmes yang merupakan sebuah kota di Perancis, sedangkan jeans berasal dari Genoese yang merupakan sebutan bagi para pelaut dari Italia yang selalu memakai baju berwarna biru saat berlayar.

Indigo plant

Indigo plant

straussleviposter

Iklan Levis tua

Dulu, denim sebenarnya merupakan paduan dari wool dan cotton atau wool dan silk ( tidak tahu mana yg benar) tetapi setelah abad ke-19, hanya memakai cotton saja. Warna biru dari jeans merupakan hasil dye dari tanaman indigo yang telah dipergunakan sejak 2500 tahun sebelum masehi. Pabrik-pabrik jeans mengimport indigo plant dari India sampai akhirnya sintetik indigo diciptakan. Sebuah sumber mengatakan bahwa Indonesia dulu merupakan salah satu penyuplai Indigovera (emas biru). Ambarawa dan sekitarnya merupakan ladang terbesar Indigovera. Natural indigo sangat mahal tetapi masih bisa ditemui pada jeans-jeans sekarang. Namun, disertai dengan harga yang melambung tinggi. Sintetik indigo ditemukan oleh Adolf Von Baeyer pada tahun 1878.
Tidak bisa dipungkiri, Levi's Staruss merupakan pioneer daripada jeans. Mereka merupakan pemasok 'celana kerja' kepada para penambang emas. Levi's  berdiri sejak 1850 hingga sekarang. Mr. Levi Strauss sendiri tidak menyukai sebutan jeans, maka ia menyebutnya overall. Info selengkapnya mengenai Mr. Levi Strauss dapat dibaca pada link: http://www.friendsofcannabis.com/friends/levi_strauss.htm

Bukan Levi's yang menemukan rivets. Jeans-jeans mereka pada awalnya tidak menggunakan rivets, Jacob Davis-lah yang menemukannya. Ia adalah seorang penjahit yang seringkali mendapat complain dari para penambang karena jaitan yang sering lepas. Rivets dipantenkan pada tanggal 20 Mei, 1873. Zipper diciptakan untuk menggantikan button fly pada tahun 1920. Dan pada tahun 1937, hidden rivets diciptakan karena complain rivets belakang merusak kursi, sofa, dan saddle kuda.  Pada tahun 1960-an, rivets tidak lagi dipasang pada back pockets. Maka dari itu, jeans-jeans yang memiliki details hidden rivets merupakan replica daripada masa-masa vintage tersebut.

Sekarang saya akan sedikit menceritakan mengenai masa-masa kejayaan jeans. Jeans mulai populer pada tahun 1950, dan pada tahun 1957, mencapai penjualan sebesar 150 juta pasang di seluruh dunia. Tahun 1967, 200 juta pasang terjual di Amerika, 500 juta di tahun 1977, dan puncaknya 520 juta pada tahun 1981. Banyak ahli menganggap bahwa kerasnya penjualan jeans bergantung pada harga yang murah, however, pd tahun 1970an harga jeans meningkat hingga dua kali lipat dan penjualan tetap melebihi supply.Namun, pada tahun 1980an penjualan semakin menurun.

Sekarang, Levi's memproduksi jeans dengan berbagai macam warna dan para designer pun berlomba-lomba memproduksi jeans dengan berbagai macam teknik terbaru. Jeans pun menjadi salah satu item fashion paling populer.

zp8497586rq

You Might Also Like